oleh

Dua Lulusan SMPN2 Pandan Nauli Masuk ke MAN Insan Cendikia Sipirok

Tapteng, 9/6 (Batakpost.com)- SMPN 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, kembali menorehkan prestasi, yaitu dua lulusannya diterima masuk ke MAN Insan Cendekia yang ada di Sipirok, Tapanuli Selatan, tahun pelajaran 2020/2021.

Ada pun kedua siswa yang diterima atas nama Rifqi Afriz Nugraha Samosir dan Ifadah Aulia Muhti Sinaga.

Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMPN 2 Pandan Nauli, Nur Ekvan Santoso kepada wartawan, Selasa (9/6/2020) di Pandan.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi SMP Negeri 2 Pandan Nauli, karena baru pertamanya sekolah ini berhasil meloloskan siswanya di ajang seleksi penerimaan siswa baru di MAN Insani Cendekia, Sipirok,” ungkapnya dengan bangga.

Kebanggaan lainnya menurut Nur Ekvan, khusus penerimaan siswa baru di berbagai sekolah lanjutan unggulan. Di mana SMP Negeri 2 Pandan Nauli juga menorehkan prestasi yaitu berhasil meloloskan 58 siswanya ke SMAN 1 Plus Matauli Pandan, dengan rincian, 2 siswa unggulan A, 2 siswa uggulan B umum, 7 siswa unggulan beasiswa penuh dari Pemkab Tapanuli Tengah, dan 47 unggulan C.

Di SMA Ungulan Cairul Tanjung Foundation (CTF) sebanyak 7 siswa diterima. Di SMAN 1 Unggulan Soposurung sebanyak 1 siswa. Sedang siswa lainnya masih mengikuti seleksi di berbagai sekolah lanjutan melalui jalur prestasi akademik dan non-akademik.

Masih menurut Nur Ekvan Santoso, ke depan MAN IC Sipirok adalah target SMPN 2 Pandan Nauli untuk meloloskan putra-putri terbaik Kabupaten Tapanuli Tengah di samping sekolah unggulan lainnya.

“Ini pertama kali siswa kami bisa lolos seleksi. Apalagi kami dari sekolah umum negeri, karena pendaftar di MAN IC biasanya berlatar belakang sekolah Madrasah atau sekolah swasta yang berbasis keagamaan. Materi seleksinya pun ada Bahasa Arab,” bebernya.

Untuk itulah ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Darwin Sitompul. Kadis Pendidikan Tapteng Samrul Bahri Hutabarat, Korwas, Seven Sumihar Sihombing, Pengawas Manajerial, Derpi Lumbantobing, dan kepada seluruh Guru-guru SMP Negeri 2 Pandan Nauli yang telah membina seluruh siswa dengan penuh semangat dan pengabdian.

“Semoga prestasi ini dapat mengangkat harkat dan martabat pendidikan di Kabupaten Tapanuli Tengah, sesuai visi dan misi bapak Bupati dalam bidang pendidikan yang ingin menjadikan  generasi di Kabupaten Tapanuli Tengah yang berakhlakulkarimah, cerdas, mandiri, maju, dan terbebas dari narkoba dan zat bahaya terlarang lainnya. Horas Tapteng,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, MAN Insan Cendekia Sipirok merupakan sekolah lanjutan atas yang bernaung di bawah Kementerian Agama. Dimana pendiriannya digagas oleh Presiden RI ke-3, Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie yang cikal bakalnya adalah MAN Insan Cendekia Sorpong, dan Gorontalo.

Ada pun tujuan utama pendirian Madrasah Aliyah ini adalah melahirkan generasi yang bercendekia dengan berbasiskan akademik, sains, dan riset.

MAN IC Sipirok berdiri pada tahun 2016, dibangun di atas bukit Tor Simago-mago, Sipirok, Kabupaten Tapenuli Selatan, Sumatera Utara. Sekolah yang dibangun di arel seluas 12 hektar itu tidak hanya menjadi ikon pendidikan di Tapanuli Selatan tapi juga di Sumatera Utara. Sebab, kehadiran sekolah itu telah menjadi target bagi masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di tempat tersebut. (RED)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed