oleh

Piala Dunia-U20 2021 Bisa Jadi Jalan Pemain Indonesia ke Eropa

Jakarta, 11/5 (Batakpost.com)- Egy Maualana Vikri yang kini menjalani tahun keduanya di Polandia bersama Lechia Gdansk turut menantikan Piala Dunia U20 2021 di Indonesia. Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U20 2021 tentunya mendapat satu slot gratis langsung ke fase grup tanpa melewati jalur kualifikasi. Kesempatan itulah yang harus dimanfaatkan pemain Indonesia jika ingin mengkuti jejak Egy Maualana Vikri berkarier di Eropa. Sebab, Egy Maulana Vikri yakin pemandu bakat dari berbagai belahan dunia akan datang ke Indonesia untuk menyaksikan Piala Dunia U20 tahun depan.

Dalam wawancara dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia, Egy berharap timnas U20 Indonesia tidak hanya numpang lewat di Piala Dunia U20 dan bisa melahirkan bintang baru. “Banyak warga Indonesia dan tentu saja aya berharap timnas U20 tampil maksimal di Piala Dunia U20 2021,” kata Egy.

“Piala Dunia U20 bisa menjadi kesempatan mereka jika ingin berkarier di Eropa. Jika bisa tampil bagus, bukan tidak mungkin pemandu bakat dunia akan tertarik ke mereka,” ujar Egy.

“Ini kesempatan emas yang jarang dimiliki orang lain. Mereka harus maksimal dan jangan mau kalah. Semoga mereka sukses dan membuat Indonesia bangga,” tutur Egy menambahkan.

Banyak bintang sepak bola dunia dilahirkan dari Piala Dunia U20 seperti Diego Maradona, Paul Pogba, hingga Lionel Messi.

Tiga nama elite tersebut mulai dilirik ketika sukses membawa negara mereka masing-masing menjadi juara Piala Dunia U20. Timnas U20 Indonesia di Piala Dunia U20 nantinya akan dipimpin langsung oleh pelatih timnas senior asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong yang ditunjuk sebagai pelatih timnas senior Indonesia sejak November 2019 juga diberi mandat oleh PSSI mengawasi pembinaan usia muda.

Dua turnamen terdekat yang akan dihadapi Shin Tae-yong adalah Piala AFF 2019 dan Piala Dunia U20 2021. Dalam dua turnamen itu, PSSI memberi target maksimal ke Shin Tae-yong yakni juara Piala AFF 2019 dan membawa timnas U20 paling tidak lolos fase grup Piala Dunia U20. Saat ini, timnas U19 Indonesia yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U20 sudah dilatih rekan senegara Shin Tae-yong, Gong Oh-kyun.

Bagus Kahfi dan Brylian Aldama saat ini masih berada di Inggris untuk mengikuti program pembinaan Garuda Select. Nantinya, Bagus Kahfi dan Brylian Aldama akan bersaing dengan pemain muda elite dunia seperti Rodrygo (Real Madrid/ Brasil) hingga Ansu Fati (Barcelona/ Spanyol) di Piala Dunia U20. Terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah, hingga saat ini, FIFA belum menentukan enam stadion yang akan digunakan.

FIFA awalnya berencana mengumumkan hal itu pada April 2020, tapi kemungkinan harus ditunda karena pandemi virus corona. Kini, beredar kabar bahwa Indonesia sudah menentukan enam stadion dari 10 yang diajukan. Namun, Indonesia masih menunggu persetujuan FIFA. Enam stadion itu adalah Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). Jika tidak ada halangan, Piala Dunia U20 di Indonesia akan digelar pada 24 Mei hingga 12 Juni 2020. (kompas.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed