oleh

Satu PDP Asal Tapteng dirujuk ke RS Padangsidimpuan

Tapteng, 2/5 (Batakpost.com)-Satu orang warga Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dirujuk ke RSU Padangsidimpuan karena dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pasien berjenis kelamin laki-laki itu dirujuk Sabtu dini hari dari RSUD Pandan.

Demikian dijelaskan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melalui Kepala Dinas Kesehatan Tapteng Nursyam, Sabtu.

“Satu orang warga Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah, jenis kelamin laki-laki dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan atau PDP setelah mendapatkan hasil pemeriksaan di RSUD Pandan pada Jumat (1/5/2020). Kronologisnya, pada Rabu tanggal 22 April 2020, pasien tersebut sudah diperiksa di rumahnya oleh Dokter Puskesmas Tukka. Pasien memiliki keluhan batuk dan sesak. Pasien juga tidak ada riwayat bepergian ke daerah terjangkit COVID-19,” kata Nusrsyam.

Dikatakan Nursyam, pada hari Rabu tanggal 29 April 2020, pasien kambuh dan dibawa langsung ke RSUD Pandan. Pasien di-nebule dan dilakukan foto thorax, tapi sebelum pengobatan selesai, pasien langsung pulang. Selanjutnya pada hari Jumat tanggal 1 Mei 2020, pasien dirujuk kembali ke RSUD Pandan dengan keluhan demam dan temperatur suhu badan 37,5 ºC, serta mengalami sesak nafas dan batuk.

Sesampainya di RSUD Pandan, dokter IGD menyarankan untuk pemerikasaan Left. Hasilnya, Limfosit menurun.

“Pasien sudah difoto thorax dan dilakukan ravid test 1 hasilnya samar, dan ravid test 2 hasilnya reaktif. Dan dari hasil diagnosa, pasien tersebut adalah Sepsis, dan langsung kita dirujuk ke RSU Padangsidimpuan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dengan test SWAB,” jelas Nursyam menambahkan.

Dengan dirujuknya pasien asal Kecamatan Tukka ini, maka jumlah PDP di Tapteng sebanyak 3 orang, dua diantaranya sudah meninggal dunia. Dan 1 orang ODP juga sudah meninggal dunia. Namun untuk yang positif COVID-19, sampai saat ini masih nihil di Tapanuli Tengah.

Untuk itu tim Gugus Tugas COVID-19 Tapteng terus mengimbau masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan demi pencegahan dan pemutusan penularan COVID-19. (RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed