oleh

Dengan Menggunakan Hand Tracktor Babinsa Bantu Petani Mengolah Sawah

Dairi, 16/3 (Batakpost.com)- Babinsa koramil 01/Sbl Kodim 0206/Dairi Serma Sokhi Z. Zidomi bersama masyarakat desa Pegagan Julu VI melaksanakan pengolahan sawah dengan menggunakan Hand Tracktor di Desa Pegagan Julu VI Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi Senin ( 16/3 2020).

Pengolahan menggunakan Hand Tracktor adalah pengolahan baru yang dapat membantu petani untuk mempercepat tanam dan menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Hand Tracktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula menjadi datar dan berlumpur.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu, gulma mati yang kemudian akan busuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah. Sehingga dapat menghemat air,” jelas Serma Sokhi.

Pada pengolahan tanah sawah dilakukan lanjutnya, perbaikan dan pengaturan irigasi tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman. Dengan pengolahan lahan mengguna kan Hand Tracktor diharapkan petani lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasil kan tanaman yang lebih baik.

Dengan demikian kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan dapat meningkatkan hasil panen yang akan mendukung pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

Sementara itu pemilik lahan sawah Hermanto Padang mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Babinsa yang telah meluangkan waktu untuk membantu mereka dalam proses pengolahan lahan untuk mempercepat pertanaman padi, sehingga harapan petani hasilnya maksimal. (ril.penrem 023/KS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed