Pengurus Punguan Raja Sonang Periode 2020-2025 Dilantik

oleh
Penasihat Punguran Raja Sonang Ompung Marischa Pakpahan, Oppung Stevent Pakpahan didampingi para pendiri Raja Sonang saat melantik kepengurusan Raja Sonang Pandan sekitarnya untuk Periode 2020-2025, Minggu (1/3/2020). (batakpost.com/RED)

Pandan, 2/3 (Batakpost.com)- Setelah dilaksanakan pemilihan kepengurusan Punguan Raja Sonang Boru Bere-Ibebere tanggal 16 Februari 2020, kemarin dilaksanakan pelantikan kepengurusan Raja Sonang Periode 2020-2025 yang dilantik oleh Penasihat Punguan Raja Sonang dalam acara Partangiangan Raja Sonang yang dilaksanakan di rumah bapak Parningotan Gultom/br Ginting di Gang Gultom, Kelurahan Aek Tolang Pandan, Minggu (1/3/2020).

Dalam acara pelantikan itu, para penasihat Raja Sonang menyampaikan harapan baru bagi pengurus Raja Sonang untuk berkarya lebih baik lagi demi melahirkan terobosan baru untuk Punguan Raja Sonang.

Partangiangan Raja Sonang Boru-bere-ibeberea Pandan dan sekitarnya, Minggu (1/3) di Aek Tolang Pandan. (batakpost.com/RED)

“Punguan Raja Sonang ini kami bentuk tahun 1988, dan kepengurusan sudah silih berganti. Untuk itu kami berharap kepada para pengurus baru agar mampu meningkatkan serta merangkul Pomparan (keturunan) Raja Sonang (Gultom, Samosir/Harianja, Pakpahan, Sitinjak) baru Bere/Ibebere yang ada di Tapteng ini khususnya yang ada di Pandan dan sekitarnya. Kami bangga melihat generasi muda Raja Sonang bersedia untuk berkarya di Punguan kita ini. Dan memang sudah saatnya generasi-generasi muda seperti kalian yang membawa ‘bendera’ Raja Sonang diera milenial ini,” pesan Oppung Marischa Pakpahan yang diamini Penasihat lainnya.

Setelah kepengurusan Raja Sonang yang baru terpilih, para pengurus pun langsung menggelar rapat bersama dengan para Penasihat Punguan untuk meminta saran dan masukan. Salah satu dari hasil diskusi itu, diputuskannya untuk perbaikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dari Punguan Raja Sonang. Dimana AD/ART Punguan menjadi acuan bergeraknya sebuah organisasi. Selain itu juga, pendataan ulang kembali anggota akan dilakukan, serta penekanan tugas dari masing-masing seksi dan komisaris untuk merangkul dan memantau keberadaan anggota di wilayahnya masing-masing.

Acara Partangiangan Punguran Raja Sonang Boru-bere-ibeberapa Pandan sekitarnya, Minggu (1/3) di Aek Tolang Pandan. (batakpost.com/RED)

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada para Penasihat Raja Sonang yang memberikan banyak masukan demi peningkatan Punguan kita. Harapan kami selaku pengurus yang baru, agar kerja sama antara sesama anggota Raja Sonang semakin ditingkatkan dengan berbagai kegiatan sosial lainnya. Memang kami menyadari selaku generasi muda belum begitu paham tentang pelayanan di bidang adat, tetapi kami yakin, dengan adanya seksi yang khusus membidangi adat, maka pelayanan di bidang adat akan terus berjalan sembari kami belajar di dalammnya. Untuk itu kami meminta kerja sama yang baik untuk membesarkan Punguan Raja Sonang ini,” kata Ketua Raja Sonang Pnt. Sahat Jason Gultom, S.Th didampingi Sekretaris Polma Pakpahan, S.Pi, Bendahara, Ronal Aritonang, SE.

Ditambahkan mereka, berbagai program akan dipersiapkan untuk meningkatkan kehadiran anggota punguan setiap partangiangan, serta peningkatan pelayanan dengan kunjungan sosial bagi keluarga yang sedang bersuka cita dan berduka. Dan melahirkan terobosan baru untuk peningkatan uang khas organisasi.

Penyampaikan khotbah dalam acara Partangiangan Raja Sonang Boru-bere-ibebere Pandan dan sekitarnya, pada acara Partangiangan Raja Sonang Boru-bere-ibebere. (batakpost.com/RED)

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membesarkan Punguan Raja Sonang ini. Memang dibutuhkan semangat dan ketulusan untuk membesarkan punguan ini, tetapi dengan melihat semangat anggota dan pengurus punguan dan para penasihat, kami semakin yakin, bahwa Punguan Raja Sonang ini semakin besar. Dalam AD/ART sudah diputuskan beberapa hal termasuk peningkatan uang sosial bagi keluarga yang berduka dan juga bersuka cita, ditambah beberapa pasal yang dibenahi dalam AD/ART Raja Sonang,” tambah Jason.

Ada pun para pengurus Raja Sonang periode 2020-2025 yaitu, Penasihat: Oppung Chalsea Samosir, Oppung Marischa Pakpahan, Oppung Stevent Pakpahan, Oppung Sihar Pakpahan. Ketua Pnt. Sahat Jason Gultom, S.Th, Wakil Ketua, St. Darwin G. Pakpahan. Sekretaris Polma Pakpahan, S.Pi, Wakil Sekretaris St. M. Tamba. Bendahara Ronal Aritonang, SE.

Sedangkan untuk Seksi- seksi yaitu, Seksi Adat, Oppung Celsea Samosir, Oppung  Marischa Pakpahan, Oppung Sihar Pakpahan, Oppung Steven Pakpahan. Seksi Diakonia/Sosial, Oppung Steven Pakpahan. Untuk Komisaris-komisaris, Komisaris Pandan, bapak Leo Pakpahan, S.Pd, Tukka Jalan baru & Matahari, Bapak Jeplin Sitinjak, Kalangan dan Pesantren, bapak Roland Pakpahan, Aek Garut, Sitio-tio & Hajoran, P. Harianja, S.Pd (Oppung Jelita), untuk Sibuluan / Tano ponggol, bapak Steven Pakpahan. (RED)