CIAYO Corp Kembangkan Fitur CIAYO Comics Plus+ dengan Kreator Komik Internasional

oleh

Lebih dari 20 komik impor dihadirkan dalam fitur agar kreator komik lokal semakin terinspirasi menghasilkan komik berkualitas.

JAKARTA, Indonesia, 12 Februari 2020 /PRNewswire/ — CIAYO Corp menampilkan pembaruan di fitur berbayarnya, CIAYO Comics Plus+, dengan menghadirkan lebih dari 100 kreasi komik baru ke dalam aplikasi. Dengan biaya berlanggan senilai Rp 30,000, CIAYO Comics Plus+ mengurasi berbagai komik-komik terbaik pilihan dari berbagai negara, termasuk Jepang, China, dan Korea Selatan. 

CIAYO Comics berencana untuk menambah lebih dari 100 komik internasional ke dalam aplikasi.


CIAYO Comics berencana untuk menambah lebih dari 100 komik internasional ke dalam aplikasi.

"Sejak diluncurkan pada Desember 2019, kami sudah mendatangkan lebih dari 20 judul komik impor, dengan traffic tertinggi ialah komik dari Korea Selatan yang ber-genre romantis. Tentunya kehadiran komik-komik impor ini bukan untuk menggantikan kreasi lokal, tetapi justru memperkuat komik-komik asli Indonesia agar dapat bersaing secara global," ujar Tonny Hanggoro, Head of Marketing, CIAYO Corp. 

Komik impor terbaru yang masuk ke dalam CIAYO Comics Plus+ ialah Warlock dari Korea Selatan, yang diluncurkan sejak awal Februari 2020. "Hingga saat ini, komik tersebut sudah dibaca 17 ribu kali dan mencapai total 2,200 subscribers dari seluruh Indonesia. Sebelumnya di bulan Desember 2019, kami juga memperkenalkan komik impor ber-genre romantis, Midnight Love Affair, yang sukses mencapai lebih dari 123 ribu pembaca dalam dua bulan. Dengan hadirnya komik-komik impor ini, kami optimis untuk semakin menyukseskan kolaborasi di antara kreator komik lokal dan internasional," tambah Tonny. 

Melengkapi update terbaru di fitur ini, CIAYO Corp juga baru merilis komik terbaru hasil kolaborasi dengan kreator internasional, yang berjudul "Jonbray X Taka No Tsume: Invasi Gerombolan Cakar Elang." Kisahnya mengadaptasi animasi Jepang karya Ryo Ono, dimana tokoh pahlawan dan penjahat ikonik di animasi tersebut, Eagle Talon, dipertemukan dengan karakter komik lokal Jonbray, Iyek Rempeyek. Dalam cerita ini, tokoh dari Jonbray tersebut bermaksud mengadu nasib ke Amerika Serikat, hingga akhirnya ia bertemu dengan kerumunan Eagle Talon yang ingin menguasai dunia. 

Tonny menambahkan, "Dalam cerita ini, kami melibatkan berbagai budaya dan identitas khas Indonesia, di antaranya ojek online dan lelucon-lelucon lokal lainnya. Sejak dirilis bulan Desember, "Jonbray X Taka No Tsume: Invasi Gerombolan Cakar Elang" sukses mencapai 36 ribu pembaca dengan total 2,700 subscribers. Ini merupakan sebuah bukti dan pencapaian, bahwa dengan sentuhan budaya dan unsur komedi, komik-komik lokal pun dapat melejit di pasar internasional," ujar Tonny. 

Cerita tentang budaya dan identitas Indonesia ini dapat ditemukan di berbagai genre komik CIAYO Comic Plus+, dan yang terpopuler ialah roman dan komedi. Tonny menambahkan, "Fakta ini tergambar dari total jumlah pembaca untuk komik bergenre romantic-comedy dari Jepang dan Korea Selatan, yang saat ini mencapai ratusan ribu pembaca. Menariknya, jumlah pembaca untuk komik Indonesia ber-genre sama justru jauh lebih tinggi, mencapai lebih dari 22 juta pembaca untuk satu komik."

Komik lokal bergenre roman, Hanna & Mr Arrogant, dan komedi, Soul of Neko, menempati dua tempat tertinggi untuk komik terfavorit di aplikasi CIAYO Comic. Diluncurkan akhir 2018, saat ini Hanna & Mr Arrogant sudah mencetak 120 ribu subscribers dan dibaca lebih dari 15 juta kali. Sementara Soul of Neko saat ini memiliki 104 ribu subscribers dan dibaca lebih dari 22 juta kali. 

"Kami berkomitmen untuk terus meningkat kualitas konten lokal berkelas internasional kepada pembaca. Karenanya, tahun ini, kami berencana untuk menambah lebih dari 100 komik internasional ke dalam aplikasi, yang sebagian besar berasal dari China dan Amerika Serikat. Ke depannya, kami juga akan menambahkan berbagai karakter komik terkenal asal Korea Selatan dan Jepang ke dalam cerita kami, dan dalam waktu dekat akan ada 300 episode komik baru yang akan kami rilis secara ekslusif. Pastinya komik lokal akan tetap menjadi prioritas, mengingat sebagian besar komik eksklusif di CIAYO Comics berasal dari Indonesia," tutup Tonny. 

Tentang CIAYO Corp:

CIAYO Corp memulai bisnis perkembangan properti intelektual dari aplikasi komik digital, CIAYO Comics pada akhir tahun 2016. CIAYO Comics menjadi platform komik digital pertama yang di kembangkan oleh anak bangsa. CIAYO Corp juga menggawangi studio developer games, CIAYO Games serta berkolaborasi dengan studio animasi ternama, Kumata Studio dan studio games yang populer, Agate Studio. CIAYO Games meluncurkan permainan mobile arcade berjudul "CHIPS: Monster Tap!" yang berhasil menjadi finalis "Indonesia Game Contest oleh Google Play" dan "The Best Mobile Game of The Year" oleh Popcon Asia 2017. Bergerak sebagai media, CIAYO Corp mengoperasikan CIAYO Blog yang membahas tren pop culture terbaru dan telah menarik lebih dari 100.000 pembaca setiap bulannya.

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20200212/2718317-1?lang=0

Related Links :

https://ciayo.com/id

Source: PRN Asia