Siswa SMPN 2 Pandan Nauli Raih 3 Medali Lomba Olimpiade Sains 2020

oleh
Plt. Kadis Pendidikan Tapanuli Tengah Samrul Bahri Hutabarat, S.Ag, MA, foto bersama saat menerima siswa SMPN 2 Pandan Nauli yang berhasil meraih medali dalam Lomba Olimpiade Sain tahun 2020 di Medan Sumatera Utara. (batakpost.com/RED)

Pandan, 6/2 (Batakpost.com)-Tim dari pelajar SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, berhasil meraih prestasi di awal tahun 2020 dalam ajang Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Medan, pada tanggal 2 Februari 2020 kemarin.

Ada pun prestasi yang diraih Tim Lomba Olimpiade Sains SMP Negeri 2 Pandan Nauli, yaitu 3 medali perak dan 1 medali perunggu. Untuk medali perak pertama diraih Latifah Marhalim Panggabean pelajar kelas VIII bidang IPA. Untuk medali perak kedua diraih Rio Stevanus Hutasoit pelajar Kelas VIII bidang IPS, dan medali perak ketiga diraih Joanna Pakpahan pelajar Kelas VII bidang IPS. Sedangkan untuk medali perunggu diraih Edwin Christoffel Lumbantobing pelajar kelas VIII bidang IPA.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Samrul Bahri Hutabarat, S.Ag, MA, saat menerima kehadiran tim Lomba Olimpiade Sain SMPN 2 Pandan Nauli yang dipimpin Kepala Sekolahnya Nauli Nur Ekvan Santoso, S.Pd di kator Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah, Selasa (4/2/2020).

Menurut Plt Kepala Dinas, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyambut bangga atas prestasi yang diraih SMPN 2 Pandan Nauli, dan menitipkan ucapan selamat atas prestasi itu.

“Bapak bupati kita merasa bangga dan titip salam atas prestasi yang diraih SMPN Pandan Nauli. Dan kami juga atas nama Dinas Pendidikan Tapanuli Tengah bersyukur atas prestasi luar biasa yang diraih SMP Negeri 2 Pandan Nauli di awal tahun 2020 ini. Saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Tapteng memohon agar kepada kita semua khususunya para guru untuk selalu membina dan melatih anak didik kita untuk berprestasi. Dan kepada anak-anak kami yang sudah berhasil meraih prestasi ini agar terus ditingkatkan, ini masih Pra OSN, akan ada lagi yang lebih menantang. Semoga anak-anak kami bisa menggali ilmu dari pengalaman-pengalaman selama mengikuti Sains Pra OSN,” kata Samrul Bahri.

Ia juga menegaskan, bahwa prestasi itu bukan kebetulan tapi berkat kerja keras. Tanpa kerja keras tentunya tidak dapat menggapai prestasi.

Siswa SMPN 2 Pandan Nauli saat mendengarkan arahan dari Plt Kepala Dinas Pendidikan Tapteng atas prestasi yang mereka raih. (batakpost.com/RED)

“Kita berharap prestasi ini tidak hanya untuk SMP Negeri 2 Pandan Nauli saja, tetapi untuk semua sekolah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Semoga tahun 2020 adalah tahun kebangkitan kita untuk memacu ptestasi. Kita bersyukur, selama ini juga kita berhasil meraih prestasi, baik di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Kiranya tahun 2020 kita harus memacu kembali prestasi kita,” ujar Plt Kadis Pendidikan Tapteng menyemangati.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Pandan Nauli Nur Ekvan Santoso, S.Pd mengatakan, walau sekolahnya belum berhasil meraih medali emas, tentunya prestasi yang diraih ana didiknya saat ini sebuah capaian yang luar biasa.

“Ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Tapanuli Tengah, bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati bapak Darwin Sitompul, Kadis Pendidikan bapak Samrul Bahri Hutabarat, S.Ag, MA, dan tim guru dari SMPN 2 Pandan Nauli. Semoga prestasi ini memberi semangat untuk kami agar kedepannya dalam berkarya dan meraih prestasi semakin meningkat untuk mewujudkan bersama visi-misi Bupati di bidang pendidikan yang menjadikan generasi di Kabupaten Tapanuli Tengah berakhlak, cerdas, mandiri, dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” harap Kepala SMP Negeri 2 Pandan Nauli, Nur Ekvan Santoso, S.Pd.(RED)