CBNCloud STACK, Solusi Komputasi cloud berbasis Open Source Ikonik Pertama di Indonesia

oleh

Berkolaborasi dengan EasyStack, layanan komputasi open source terkemuka di dunia, dengan fitur-fitur terbaru: EKS (EasyStack Kubernetes Service), aplikasi marketplace bagi pengguna untuk aplikasi/lisensi BYO (Bring Your Own), metering/billing, dan layanan pemulihan bencana (Disaster Recovery)

JAKARTA, Indonesia, 14 Januari 2020 /PRNewswire/ — CBNCloud, penyedia layanan komputasi awan (cloud computing) terkemuka di Indonesia mengumumkan peluncuran layanan CBNCloud STACK versi terbaru, hasil kolaborasi dengan EasyStack, provider layanan komputasi open source asal Cina dan Aplika Karya Solusi Bisnis yang merupakan perusahaan pendukung dan pelaksana teknis EasyStack di Indonesia.

Sebagai platform komputasi awan generasi berikutnya, CBNCloud STACK dirancang khusus dengan beragam keunggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan di Indonesia, seperti:

  1. Hosting lokal di Indonesia Layanan komputasi awan dan penyimpanan data yang tersedia di Indonesia
  2. Platform  yang aman – menggunakan metode proteksi Backend Host System 2FA dengan  pemisahan jaringan fisik/logis.
  3. Berbasis Open Standard – OpenStack berbasis open source yang mudah diintegrasikan dengan aplikasi/skrip pihak ketiga.
  4. Disesuaikan dengan Kebijakan Teknologi Informasi (IT Policy Compliance-s aktivitas sistem dan user yang dapat di audit, log analisis/ collection.
  5. Tidak ada dampak terhadap bisnis selama  proses upgrade platform.
  6. Dukungan tim lokal menggunakan bahasa  Indonesia.

Tony Hariman, Presiden Direktur CBNCloud mengatakan, “Pasar komputasi awan (cloud computing) di Indonesia berada pada momentum pertumbuhan yang stabil. Berdasarkan data riset statistik Springboard, pasar tumbuh pada CAGR 48% selama lima tahun terakhir, jauh lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan tahunan untuk komputasi cloud di seluruh dunia. Sebagai pelopor layanan OpenStack di Indonesia, CBNCloud menawarkan teknologi open source yang terus diperbaharui secara berkesinambungan, untuk dapat mengatasi tantangan-tantangan pada implementasi dan pemeliharaan teknologi informasi yang kompleks.

Kolaborasi CBNCloud dengan EasyStack telah melalui riset dan pertimbangan akan tantangan pasar Indonesia di masa depan. “Dengan pengalaman dan fitur produk/layanan yang disediakan oleh EasyStack, kami memutuskan untuk berkolaborasi dalam memperbaharui layanan CBNCloud STACK. Teknologi  EasyStack merupakan platform komputasi awan terkini yang aman, scalable, handal, efisien serta dapat diintegrasikan dengan berbagai solusi yang ada.” tambah Tony Hariman.

CBNCloud STACK merupakan  layanan komputasi awan berbasis OpenStack enterprise pertama yang  memiliki kemampuan upgrade platform tanpa downtime, sehingga user dapat tetap menggunakan layanannya dan tidak terganggu selama proses upgrade tersebut. Produk ini dapat dengan mudah dioperasikan oleh user karena sistem operasi dan pemeliharaannya saling terintegrasi, Platform EasyStack terbaru  akan dilengkapi dengan beberapa fitur terbaru seperti EKS (EasyStack Kubernetes Service), market place bagi pengguna untuk aplikasi/lisensi BYO (Bring Your Own), metering/billing, dan layanan pemulihan bencana (Disaster Recovery).

Adrian Koh, Direktur Pengembangan Bisnis Global EasyStack menegaskan, “kolaborasi Easystack dengan CBNCloud membuka sebuah babak baru dalam peluncuran produk kami di pasar Indonesia. Bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pelanggan korporasi, CBNCloud dan EasyStack sepakat untuk memulai kemitraan jangka panjang untuk menyediakan produk dan layanan komputasi cloud yang terbaik untuk pelanggan korporasi di Indonesia. Perusahaan di Indonesia dapat mengambil keuntungan dari teknologi komputasi awan generasi berikutnya yang membantu perusahaan untuk beralih dari server, penyimpanan, dan jaringan fisik ke virtual yang mengarah pada fleksibilitas yang lebih baik. Manajemen di perusahaan Indonesia dapat mengambil manfaat dari penghematan biaya dari pemanfaatan sumber daya yang lebih baik dan proyeksi investasi TI yang lebih akurat. “

David Bumi, Direktur Aplika Karya Solusi Bisnis menambahkan, “bersama dengan EasyStack, Aplika Karya Solusi Bisnis berkomitmen untuk melayani pasar Indonesia dengan tim teknis pendukung yang baik termasuk dalam solusi OpenStack.”

Dengan kolaborasi dari ketiga perusahaan ini, layanan CBNCloud Stack versi terbaru dapat menjadi  solusi yang handal dan fleksibel untuk pasar Indonesia, dan cocok untuk digunakan oleh berbagai industri baik dari skala kecil, menengah dan besar di seluruh Indonesia.

Tentang CBNCloud

PT Cyberindo Mega Persada (CBNCloud) adalah bagian dari CBN Digital Ecosystem, yang merupakan salah satu pelopor penyedia cloud computing di Indonesia sejak 2011. Dengan slogan Optimized to simplify your life, CBNCloud terus berinovasi untuk memberikan solusi komprehensif dengan teknologi terbaik dan terbaru. Didukung oleh infrastruktur dan tim yang handal, dengan pengalaman mengelola lebih dari 600 pelanggan korporaasi mulai dari skala kecil hingga skala besar. Memiliki beragam solusi layanan mulai dari Infrastructure as a Service, Software as Service hingga Manage Service. Untuk informasi lebih lanjut hubungi www.cbncloud.co.id

Tentang EasyStack

Pada bulan Februari 2014, EasyStack memulai perjalanannya sebagai perusahaan komputasi cloud yang berfokus pada teknologi Open Cloud di OpenStack, Ceph, Kubernetes dan Docker, serta proyek pengembangan komunitas cloud native lainnya. Misi perusahaan adalah menyediakan produk dan layanan komputasi cloud agnostik industri berkinerja tinggi, andal, stabil dan terbuka bagi lebih dari 1000 pelanggan perusahaan saat ini. Pelanggan yang dilayani termasuk perusahaan dan organisasi di Layanan Keuangan, Perbankan, Sekuritas, Utilitas Energi, Telekomunikasi, Pemerintah, lembaga Pendidikan Tinggi, Manufaktur, Transportasi, Logistik, Penyedia Layanan. EasyStack adalah Seri D yang didirikan sejak November 2019. EasyStack memiliki perwakilan utama dalam organisasi hulu OpenStack internasional, yaitu anggota dewan yang dipilih secara individual, anggota Komite Teknis yang dipilih, dan OpenStack Heat PTL.

Tentang Aplika Karya Solusi Bisnis

PT. Aplika Karya Solusi Bisnis didirikan pada tahun 2011 sebagai perusahaan yang berfokus pada komunikasi cloud bisnis dan layanan cloud pribadi untuk pasar Indonesia dengan membangun platform Open Cloud Computing dengan menggunakan server baru atau server yang sudah dimiliki pelanggan. Selain itu, seiring dengan perkembangan menuju era digitalisasi, PT. Aplika Karya Solusi Bisnis berkolaborasi dengan perusahaan dari beberapa negara untuk menyediakan komunikasi cloud yang mudah digunakan seperti audio dan video conference serta call center berbasis video.

PT. Aplika Karya Solusi Bisnis adalah perusahaan yang memberikan layanan dukungan teknis EasyStack di Indonesia yang ditunjuk untuk membantu perusahaan Indonesia membangun solusi layanan cloud yang stabil, handal, aman, efisien, dan kompatibel untuk layanan cloud pribadi, cloud berbasis industri, dan juga cloud hybrid. Untuk informasi lebih lanjut tentang PT. Aplika Karya Solusi Bisnis, silakan kunjungi www.aplikabisnis.com.

 

Related Links :

http://www.cbncloud.co.id

Source: PRN Asia