Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana di Tapteng

oleh
Pengecekan kesiapan alat penangangan bencana dari berbagai instansi yang ada di Tapteng. (Batakpost.com/Ist)

Pandan, 12/1 (Batakpost.com)-Untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan TNI-Polri, Pemda dan instansi terkait terhadap penangan bencana jika terjadi di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Polres Tapanuli Tengah gelar apel kesiapsiagaan hari ini di Mapolres Tapteng, di Jalan Jenderal Faisal Tanjung kawasan terminal baru Pandan.

Bertindak selaku inspektur apel Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos, sekaligus membacakan amanat dari Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin. Dalam amanatnya Kapoldasu menyampaikan, tujuan dari apel dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan TNI-Polri, Pemda dan instansi terkait terutama dalam penanganan bencana alam.

Sebagai aparatur pemerintah kata Kapolda, kesiapsiagaan aparat dan pemda serta instansi-instansi terkait dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa aparat sangat serius dalam penanganan bencana alam apabila terjadi di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Apel kesiapsiagaan ini sebagai sarana untuk mengumpulkan kapasitas daerah sarana dan prasarana logistik serta sumber dana dari berbagai sumber untuk menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilisasi sumber daya, serta pengoperasian sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana. Untuk itu saya berpesan kepada seluruh personil, mari kita berikan pelayanan yang terbaik dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib, aman dan terkendali mewujudkan situasi Kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) yang kondusif di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.” Pesan Kapoldasu.

Pada kesempatan itu juga, Dandim bersama dengan Kapolres Tapteng Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman, Dansatradar 234 Sibolga Mayor Lek Alfred Eissener Anes, Wadan Denpom 1/2 Sibolga Kapten Cpm Triantoro, Komandan Pos SAR Sibolga Adlin Buyung Nasution, melakukan pengecekan peralatan yang akan digunakan jika terjadi banjir atau bencana.

Turut hadir dari kegiatan ini Asisten I Pemkab Tapanuli Tengah Freddy Situmeang, Kepala Dinas BPBD Tapanuli Tengah Ananda Nasution, Kepala Satpol PP Tapanuli Tengah Jontriman Sitinjak, Kepala Dinas Sosial Tapanuli Tengah Parulian Panggabean, Kadis Kominfo Tapanuli Tengah Dedy Sudarman Pasaribu serta personil dari masing-masing kesatuan. (red)