ACG School Jakarta Tanamkan Kepemimpinan dan Kreativitas Lewat Program Inisiatif Siswa

oleh

JAKARTA, Indonesia, 9 Januari 2020 /PRNewswire/ — Membekali siswanya dengan skill kepemimpinan serta kepercayaan diri untuk mendorong perubahan di masa depan, ACG School Jakarta memperkenalkan berbagai program inisiatif yang dipimpin dan dikelola oleh para siswa sendiri.

ACG Radio Station menjadi platform untuk siswa belajar dan mengeksplorasi praktik siaran radio secara profesional.


ACG Radio Station menjadi platform untuk siswa belajar dan mengeksplorasi praktik siaran radio secara profesional.

Program ini mencakup aktivitas di dalam kurikulum dan ekstrakurikuler, yang sepenuhnya dijalankan oleh siswa Sekolah Menengah ACG. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain: memproduksi dan menerbitkan majalah digital bulanan, mengelola akun Instagram Student Council, dan menjalankan program di stasiun radio sekolah.

"Kami menghadirkan platform dan inisiatif yang membutuhkan pemikiran kritis, kreatif dan inovatif agar dapat berjalan sukses. Dengan mendorong pemikiran kreatif, generasi muda akan menguasai keterampilan memecahkan masalah, yang sangat penting untuk membantu mereka berkembang dan berhasil sebagai pemimpin di masa depan, dalam kehidupan profesional mereka," ujar Kepala Sekolah ACG School Jakarta, Shawn Hutchinson.

Fokus ACG School Jakarta pada kegiatan-kegiatan tersebut terus dikembangkan lewat program dual curriculum-nya – Cambridge International dan International Baccalaureate (IB). "Kurikulum kami mendorong siswa untuk menguasai mata pelajaran tertentu secara mendalam, sehingga mereka akan menjadi individu yang percaya diri dan menonjol di masyarakat. Kurikulum ini pun melatih mereka untuk semakin mahir menetapkan tujuan serta mengatur strategi untuk pencapaiannya. Sementara lewat program IB Diploma, kami memperkaya siswa dengan proses pembelajaran yang mengedepankan praktik, serta dipersonalisasi sesuai dengan minat mereka," tambah Mr Hutchinson.

Salah satu inti dari Program IB Diplomas ACG adalah proyek Creativity, Activity, dan Service (CAS), yang menekankan pada nilai-nilai pembelajaran di luar ruang kelas. Elemen-elemen inilah yang tercermin dalam berbagai program dan aktifitas yang dikelola sendiri oleh siswa.

ACG Radio Station

Didirikan pada tahun 2018 oleh salah satu Guru Senior ACG School Jakarta, Richard Todd, ACG Radio Station menjadi platform untuk siswa belajar dan mengeksplorasi praktik siaran radio secara profesional. Di sini, mereka berkesempatan untuk menulis skrip, melakukan riset dan wawancara, serta memproduksi konten menggunakan Rodecaster Pro, atau sebuah studio produksi podcast yang terintegrasi.

Mr Todd menyadari bahwa dengan berfokus pada eksperimen dan praktik mengelola siaran radio profesional, akan mendorong keterampilan siswa dalam memecahkan masalah.

"Kami melihat bahwa dalam karier di masa depan, seseorang akan semakin dicari lewat kemampuannya memecahkan masalah," ujar Todd, "Karenanya, kami menghadirkan stasiun radio ini sebagai sarana untuk mempersiapkan generasi muda agar mandiri, kreatif, bertanggung jawab, dan kompeten, sehingga mereka memiliki keterampilan yang dapat menginisiasi perubahan di masa depan."

STUCO Instagram

STUCO Instagram merupakan akun Instagram resmi Student Council ACG School Jakarta. Dibuat pada Oktober 2019, platform ini hadir sebagai sarana informasi resmi komunitas ACG Jakarta tentang berbagai acara sekolah yang dijalankan oleh Student Council. Salah satu moderatornya, Year 12 Prefect, Lina Hutchinson, menjelaskan, akun ini berbeda dari Instagram official yang dimiliki ACG Jakarta, karena dikelola sepenuhnya oleh siswa.

"Akun Instagram ini menghadirkan informasi yang cepat dan akurat kepada para siswa dan orang tua, karena sumbernya yang langsung datang dari kami, siswa sendiri," ujar Lina.

"Dari perspektif kepemimpinan, kami pun belajar banyak, mulai dari menetapkan strategi yang efektif untuk mengelola acara dari nol, bagaimana beriklan, serta membuat pengumuman melalui media sosial."

Lina juga melihat, keterlibatan Student Council dalam mengelola platform media sosial telah berdampak positif pada studi akademis mereka.

"Kegiatan ini membantu kita terhubung dengan mata pelajaran seperti Seni dan Ekonomi. Melalui akun ini kami belajar lebih banyak desain grafis, skema warna dan desain poster. Termasuk dalam periklanan, karena kami belajar bagaimana membuat teks yang persuasif dan pentingnya mengelola komunikasi dalam kehidupan sehari-hari kita."

ACG Times

Inisiatif siswa lain yang diperkenalkan ialah ACG Times, sebuah majalah digital yang memberitakan informasi tentang kehidupan sekolah dan kampus.

Salah seorang siswa Year 12 dan penulis konten, Anastasia Sufian, menjelaskan bagaimana majalah yang dijalankan secara mandiri oleh siswa ini menjadi wadah untuk mereka menuangkan berbagai perspektif tentang sekolah, serta menyuarakan solusi dai berbagai tantangan yang dihadapi dalam prosesnya.

"Kami belajar mengelola proses editorial dan merencanakan strategi konten dari awal hingga akhir. Karenanya, saat ini kami pun memiliki pemahaman yang lebih baik tentang strategi bekerja bersama tim, serta membangun kreativitas lewat produksi visual dan konten yang menarik," tambahnya.

Dengan bantuan Kepala Sekolah dan para guru, ACG Times telah menjadi sumber berita yang populer dan tepercaya, serta memiliki banyak subscribers, khususnya dari kalangan orangtua dan guru ACG. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: https://theacgtimes.weebly.com/

Tentang ACG School Jakarta:

Sebagai sekolah internasional dengan standar pendidikan yang tinggi di level global, ACG School Jakarta menyediakan layanan pendidikan dengan kualitas dan hasil yang terbaik, menekankan pada nilai-nilai, kerja sama, serta suasana multicultural yang membangun.

Menempati lokasi strategis di Jakarta Selatan dan mudah diakses melalui jalan tol lingkar luar, sekolah ini menekankan pendidikannya pada pembelajaran akademis, yang didukung oleh kurikulum internasional yang inovatif dan para pengajar berkualitas tinggi.

Dedikasi ACG School untuk mengembangkan kualitas individu juga tercermin dalam kegiatan ekstra kurikuler, termasuk kelas bahasa Mandarin dan Inggris, catur dan berbagai pelajaran musik, olahraga dan budaya, serta aktivitas yang mengasah kepemimpinan. Lewat pengajaran berkualitas tinggi, ruang kelas berfasilitas, serta area outdoor dan lingkungan yang menyenangkan, ACG School menghadirkan tempat belajar yang modern, aman, dan sangat menstimulasi siswa untuk terus berprestasi.

Kontak media:

Shawn Hutchinson
Principal, ACG School Jakarta
Email: Shawn.Hutchinson@acgedu.com
Tel: +6221 29780200

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20200108/2685636-1?lang=0

Related Links :

Source: PRN Asia