Arab Saudi Mengambil Alih Presidensi G20 2020

oleh

RIYADH, Arab Saudi, 2 Desember 2019 /PRNewswire/ —

  • Kerajaan Arab Saudi mengambil alih Presidensi G20 2020 hari ini, 1 Desember 2019.
  • Presidensi G20 Saudi akan fokus pada "Menyadari Peluang Abad ke-21 untuk Semua."
  • Kerajaan Arab Saudi memuji kinerja Presidensi G20 Jepang pada 2019 dan akan terus mendukung upaya untuk menjalin kerja sama global.

Kerajaan Arab Saudi memulai Presidensi G20 hari ini, menjelang KTT Pemimpin Negara di Riyadh pada 21-22 November 2020. Presidensi G20 Saudi memuji kinerja Presidensi G20 Jepang pada tahun 2019 dan akan terus mendukung upaya-upaya kelompok tersebut untuk menjalin kerja sama global.

Mengomentari pembukaan Presidensi, Yang Mulia Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, Putra Mahkota dan Wakil Perdana Menteri mengatakan:

"Presidensi G20 Saudi berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan dari Osaka dan mempromosikan konsensus multilateral. Bekerja dengan mitra G20 kami, kami akan berusaha untuk memberikan tindakan nyata dan mewujudkan peluang untuk menghadapi tantangan masa depan. "

Yang Mulia Pangeran Mahkota menambahkan:

"Kerajaan Arab Saudi berada di persimpangan tiga benua yaitu Asia, Afrika dan Eropa. Dalam menjadi tuan rumah G20, Kerajaan akan berperan penting dalam berbagi perspektif Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara. Kami percaya ini akan menjadi kesempatan unik untuk membentuk konsensus tentang masalah internasional saat kami menyambut peserta dari seluruh penjuru dunia di Kerajaan. "

Kerajaan akan memandu karya G20 di bawah tema "Mewujudkan Peluang Abad ke-21 untuk semua" dan akan fokus pada tiga tujuan:

  • Memberdayakan Manusia, dengan menciptakan kondisi di mana semua orang, terutama wanita dan anak muda, dapat hidup, bekerja, dan berkembang.
  • Melindungi Planet, dengan mendorong upaya kolektif pada ketahanan pangan dan air, iklim, energi dan lingkungan.
  • Membentuk Perbatasan Baru, dengan mengadopsi strategi jangka panjang yang berani untuk berbagi manfaat inovasi dan kemajuan teknologi.

Selama Presidensi G20, Kerajaan Arab Saudi berkomitmen untuk memastikan G20 tetap mencerminkan berbagai perspektif internasional yang luas dan inklusif. Sejalan dengan komitmen itu, Kerajaan telah menyampaikan undangan ke Kerajaan Hashemite Yordania, Republik Singapura, Kerajaan Spanyol dan Konfederasi Swiss. Selain itu, organisasi regional juga diundang, termasuk Arab Monetary Fund (AMF), Islamic Development Bank (IsDB), serta Republik Sosialis Vietnam sebagai Ketua Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN), Republik Afrika Selatan sebagai Ketua Uni Afrika (AU), Uni Emirat Arab sebagai Ketua Gulf Cooperation Council (GCC), dan Republik Senegal sebagai Ketua New Partnership for Africa’s Development (NEPAD).

Organisasi internasional secara historis telah berkontribusi signifikan terhadap agenda G20. Organisasi internasional yang diundang untuk tahun 2020 meliputi Food and Agriculture Organization (FAO), Financial Stability Board (FSB), International Labour Organization (ILO), International Monetary Fund (IMF), Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), United Nations (UN), World Bank Group (WBG), World Health Organization (WHO) and World Trade Organization (WTO).

Menjelang KTT Pemimpin Negara, Kerajaan Arab Saudi akan menjadi tuan rumah lebih dari 100 acara dan konferensi, termasuk pertemuan menteri dan pertemuan pejabat dan perwakilan dari masyarakat sipil, termasuk Business 20, Youth 20, Labour 20, Think 20, Civil 20, Women 20, Science 20 dan Urban 20.

Informasi lebih lanjut, termasuk Agenda Presidensi dan program acara lengkap, dapat ditemukan di situs web G20: www.g20.org

Informasi Media:
G20Media@saudisecretariat.gov.sa  

 

Related Links :

https://www.g20.org

Source: PRN Asia