oleh

Minggu Desain CPC Indonesia Berakhir dengan Meraih Dukungan Warga Setempat

MAKASSAR, Indonesia, 25 November 2019 /PRNewswire/ — Program Community Plumbing Challenge (CPC) dari International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) berhasil merampungkan kegiatan terbarunya, yakni proyek Minggu Desain (Design Week) di sebuah desa pesisir, Kampung Nelayan Untia.

Pekerjaan intensif selama empat hari berakhir pada Kamis dengan sebuah presentasi di depan instansi pemerintah dan warga lokal di Untia. Seluruh anggota Tim Desain terlibat, dan mereka memaparkan proposal tentang fasilitas publik baru di kampung Untia. Fasilitas ini mencakup kamar mandi, tempat  cuci tangan, sistem pasokan air, dan pengolahan air limbah yang baru. 

Badan Standardisasi Nasional (BSN), lembaga pemerintah yang menetapkan standarisasi, dan IWSHA akan mengajukan proposal ini, dengan dukungan pemimpin kampung setempat, kepada instansi pemerintah terkait untuk memperoleh izin. Proposal ini kelak menjadi dasar untuk melaksanakan proyek ambisius sekitar Mei 2020, setelah musim hujan di wilayah tersebut. Jadwal proyek yang diusulkan tersebut akan diumumkan pada tahun depan jika izin yang diperlukan telah diperoleh. 

"Saya bersyukur karena program tersebut telah berjalan dengan baik pada minggu ini, hingga ke tahap presentasi desain akhir. Saya berharap proposal ini juga berhasil terlaksana pada tahun depan," ujar Taufiq Hidayat, Kepala Layanan Teknis BSN di Makassar. "Kepada tim IWSH: Saya mengucapkan terima kasih atas perannya dalam mengadakan program ini dengan sangat baik. Saya turut berterima kasih karena telah mengundang pakar lapangan untuk merampungkan Minggu Desain tersebut. BSN sendiri berkomitmen untuk memfasilitasi kebutuhan CPC pada tahun depan, seperti kolaborasi dengan pemerintah setempat guna mendukung program tersebut."

"Kegiatan ini sangat positif sebab berfokus pada aspek-aspek sosial seperti sanitasi, kebersihan, dan kesehatan yang sesuai dengan standar," lanjut Putri Irvanna, Staf Layanan Teknis BSN Makassar. "Menurut saya, presentasinya bagus, karena tim telah memaparkan penjelasan kepada warga setempat, serta mengedukasi mereka tentang cara menggunakan dan merawat fasilitas yang diusulkan."

Berbagai perusahaan atau lembaga yang ingin terlibat di dalam program CPC Indonesia terbaru, atau program CPC berskala internasional mendatang, dapat menghubungi kami via info@iwsh.org. Donasi satu kali yang bisa menjadi pengurangan pajak dapat diberikan lewat www.iwsh.org/donate.

TENTANG IWSH
International Water, Sanitation and Hygiene Foundation (IWSH) memanfaatkan keahlian dan wawasan para profesional, lembaga, serta produsen di industri air untuk mendukung inisiatif penting di sektor air, sanitasi, dan kebersihan di seluruh dunia. IWSH berpengalaman selama lebih dari 100 tahun dalam mengembangkan infrastruktur lokal, meningkatkan tata kelola, serta menciptakan kondisi demi kesehatan publik dan kinerja ekonomi yang lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.iwsh.org.

Related Links :

http://www.iwsh.org

Source: PRN Asia

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed