Wartawan Kawasan Tapanuli Jason Gultom Raih Juara II Martabe Gold Mine Journalistic Award 2019 Tingkat Nasional

oleh
Jason Gultom (tengah) wartawan LKBN Antara, saat menerima penghargaan dari Tambang Emas Martabe atas prestasinya meraih juara II Lomba Karya Tulis Tambang Emas Martabe Tahun 2019, Senin (4/11) di Medan.

Medan, 4/11 (Batakpost.com)- Wartawan dari kawasan Tapanuli Jason Gultom dari Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Biro Sumatera Utara, berhasil meraih Juara II Lomba Karya Tulis Tambang Emas Martabe, bertajuk “Journalistic Award 2019 Tingkat Nasional.”

Pengumuman para pemenang lomba karya tulis itu dilangsungkan hari ini Senin (4/11) di Santika Dyandra Hotel Medan, yang dihadiri langsung Linda Siahaan sebagai Direktur Hubungan Eksternal Tambang Emas Martabe, dan Katarina Siburian Hardono selaku Manajer Senior Komunikasi Korporat.

Di hadapan para insan pers, Linda menyampaikan rasa bangganya atas hasil karya para awak media yang sudah menyampaikan informasi tentang keberadaan dan dampak positif Martabe kepada masyarakat dan juga bagi pemerintah.

“Masyarakat itu harus merasakan dampak positif dari kehadiran Tambang Emas Martabe, karena hasil bumi masyarakatlah yang dikelola tambang, dan masyarakat wajib merasakan hasilnya dan mengetahuinya. Berkat informasi yang diberitakan teman-teman media masyarakat dapat mengetahui manfaat kehadiran Tambang Emas Martabe,” ujarnya.

Sementara itu Katarina Siburian Hardono selaku Manajer Senior Komunikasi Korporat Tambang Emas Martabe menjelaskan, Lomba Karya Tulis Jurnalistik Martabe sudah memasuki tahun ke tiga. Pada tahun pertama dan tahun kedua pesertanya masih dari sekitar wilayah tambang dan Sumatera Utara, sedangkan untuk tahun ini pesertanya sudah tingkat Nasional.

“Kami melihat karya tulis teman-teman cukup bagus dari tahun ke tahun, sehingga tahun ke tiga ini ditingkatkan kapasitasnya menjadi tingkat Nasional. Kami cukup senang karena partisipasi dari peserta tingkat Nasional cukup banyak dan juga dari provinsi dan daerah,” ujarnya.

“Bahkan untuk kategori juara harapan terpaksa ditambah menjadi empat karena karya tulisannya bagus-bagus. Dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Martabe. Atas nama manajemen kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan, dan tahun depan akan digelar kembali lomba karya tulis dengan hadiah yang lebih menarik lagi,” janjinya.

Ada pun  para pemenang lomba karya tulis tahun ini adalah, untuk Juara I diraih Dudi Rahman dari Media Dunia Energi Jakarta, dengan judul tulisan “Petani  Batangtoru Makin Pede  Berkat Dukungan Pengelola Tambang  Martabe.” Juara II Jason Gultom dari LKBN ANTARA Biro Sumut dengan judul tulisan “Okto Anggara Sitompul, Pengangguran Binaan Tambang Emas Martabe yang Mengubah Sampah Palet jadi Penghasilan.” Sedangkan Juara III diraih Mega Sihombing dari Radio KISS FM Medan dengan berita “Antara Literasi, Sinergi, dan Berbakti Untuk Negeri.”

Untuk Juara Harapan diraih Ridwan Harahap dari Media OG Indonesia dengan judul tulisan “Marsipature Hutanabe Ala Tambang Emas Martabe,” Sanny Damanik dari TVRI Medan dengan berita “Srikandi Tambang,” Sugiatmo dari Harian Analisa dengan tulisan “Melihat  Dunia Bersama Tambang Emas Martabe,” dan Elsid Arendra dari Media Globe Asia dengan tulisan “Toward  Sustainable  Mining.”

Selain juara lomba karya tulis, juga diberikan penghargaan hasil Foto Favorit kepada Arifin Alamudi dari Media IDN Times, dengan tema foto “Berkat Taman Baca Anak Melati, Lia Jadi Pandai Membaca, Menulis dan Menari.”

Jason Gultom satu-satunya wartawan dari kawasan Tapanuli yang berhasil menjadi juara dalam ajang ini mengatakan, bahwa kemenangan yang diraihnya adalah kemenangan wartawan yang ada di kawasan Tapanuli.

“Kemenangan ini adalah kemenangan kita wartawan yang ada di kawasan Tapanuli, khususnya yang ada di Sibolga-Tapteng. Kita ingin membuktikan bahwa kualitas wartawan yang ada di kawasan Tapanuli mampu bersaing di tingkat Nasional dan berhasil meraih juara II. Untuk itu saya mengajak teman-teman untuk semakin semangat lagi mengikuti loma-loma karya tulis, khususnya yang diselenggarakan Tambang Emas Martabe,” imbunya dengan nada gembira.

Tidak lupa ayah satu orang anak itu mengucapkan terima kasih kepada Tambang Emas Martabe yang sudah memberikan banyak pelatihan tentang tambang dan juga kepedulian Martabe akan perkembangan insan pers.

Acara pengumuman pemenang dan penganugerahan “Journalistic Award 2019” ini dihadiri PWI Sumut yang diwakili oleh Sekjen Eduart Tahir, Kepala Biro ANTARA Biro Sumut Riza Mulyadi, Ketua Serikat Media Indonesia Siber Sumut, Zulfikar Tanjung dan sejumlah wartawan senior di Medan.