Pemko Sibolga Geser Berbagai Kegiatan

oleh
Rapat Koordinasi Yang Dipimpin Wali Kota Sibolga dalam rangka Latma Pacific Partnership 2020. (Batakpost.com/RED)

Sibolga, 31/10 (Batakpost.com)-Wali kota Sibolga Syarfi Hutauruk memimpin rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Pacific Partnership 2020, di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga, Rabu (30/10). Dalam rapat itu Wali kota meminta pimpinan OPD agar memfokuskan semua kegiatan Pemko ke bulan Agustus tahun 2020.

“Saya minta kepada semua OPD agar sebagian kegiatan-kegiatannya di bulan Oktober-November-Desember dimajukan ke bulan Agustus. Dan jika ada kegiatan bulan Maret-April-Mei dimundurkan menjadi bulan Agustus juga, termasuk Pameran Hari Jadi Sibolga ke-320. Kita haruf fokus dan serius mempersiapkan kegiatan ini sebaik-baiknya,” ajak Wali kota.

Latma Pacific Partnership 2020 merupakan agenda kegiatan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, yang akan dilaksnakan pada tanggal 3 sampai dengan 13 Agustus 2020, di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat secara keseluruhan dalam menghadapi bencana, sehingga dampak dari bencana itu dapat diminimalisir.

Kepala Unit Kerja Sama Bakti Kesehatan Pusat Kesehatan TNI Kolonel Laut (K) dr. R.M Tjahja Nurrobi, M.Kes, yang hadir dalam rapat itu menyampaikan, ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemko Sibolga dan Pemkab Tapteng untuk menyukseskan kegiatan Pacific Partnership 2020.

Adapun faktor dipilihnya Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah menjadi tuan rumah, terang Kolonel Laut Nurrobi, karenakan Kota Sibolga berada pada ring (jalur) bencana lempengan Asia Pasifik. Maka perlu diberikan pengetahuan terutama kepada masyarakat untuk mengantisipasi bencana-bencana yang potensional terjadi.

Sementara itu pimpinan Tim Pacific Partnership 2020 dari  Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Commodore Captain Will Baxter menyampaikan, pihaknya dan tim akan bekerja untuk merespon apa yang dibutuhkan dalam mitigasi dampak bencana. Ia menjelasja ada 4 cabang (program) yang dipersiapan seperti, mitigasi dampak bencana, teknik dan obat-obatan, bantuan kemanusiaan dalam bencana, serta bantuan untuk daerah tertinggal.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini, Danlanal Sibolga Letkol Laut (p) Betrawarman, Perwakilan Korem 023/KS, Perwakilan Kodim 0211/TT, Sekda Kota Sibolga M. Yusuf Batubara, SKM, MM, Para Asisten Kota Sibolga, Asisten I Kabupaten Tapteng Fredy L. Situmeang, Perwakilan Kapolres Sibolga, para Pimpinan OPD, serta Camat dan Lurah se-kota Sibolga. (RED)