oleh

ActionCOACH Optimalkan Produktivitas Pegawai dengan Strategi Keterlekatan Karyawan Inovatif

JAKARTA, Indonesia, 30 Oktober 2019 /PRNewswire/ — Karyawan tidak lekat atau disengaged dapat merugikan perusahaan secara signifikan setiap tahunnya. Perusahaan analis Amerika, Gallup, menekankan bahwa karyawan tidak lekat bahkan dapat meningkatkan absensi karyawan hingga 37%, menurunkan produktivitas hingga 18% sampai mengurangi keuntungan hingga 15%. Akibat karyawan tidak lekat ini, perusahaan dapat mengalami kerugian hingga 34% dari total gaji tahunan karyawan. Sayangnya, menurut sebuah perusahaan pelatihan bisnis terkemuka dunia, ActionCOACH, masih banyak perusahaan yang gagal mengimplementasi strategi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Para coach dan peserta Scale Up Series, Business Excellence Forum oleh ActionCOACH.


Para coach dan peserta Scale Up Series, Business Excellence Forum oleh ActionCOACH.

ActionCOACH melakukan survey ke lebih dari 10 perusahaan besar di Indonesia dan menemukan bahwa hanya satu dari responden yang sudah menerapkan strategi keterlekatan karyawan secara efektif, sementara 90% perusahaan lainnya hanya menerapkan strategi team outing. Padahal, menurut coach bisnis, team outing terbukti hanya memberikan dampak jangka pendek terhadap keterlekatan karyawan.

"Dalam memaksimalkan keterlekatan karyawan, diperlukan sinergi pelatihan komunikasi, team building, performa dan kepercayaan diri karyawan, serta optimalisasi focus group discussion yang meningkatkan skill kepemimpinan. Sayangnya, sebagian besar team outing hanya berfokus pada aktivitas luar ruangan yang menghibur, tanpa esensi kepemimpinan atau pengembangan kelompok. Program keterlekatan karyawan yang efektif seharusnya tidak seragam dan disesuaikan dengan kebutuhan klien dan karyawan berdasarkan peran mereka di perusahaan," ujar Prijono Nugroho, Managing Partner ActionCOACH Jakarta.

Karenanya, ActionCOACH memperkenalkan Group Activation System, sebuah action-based program selama 12 minggu yang dapat disesuaikan. Ada tiga area yang menjadi fokus utama program ini, yaitu:

  • Keterlekatan: Memperkaya karyawan dengan kemampuan komunikasi terbuka dan tepat sasaran dalam menemukan solusi, serta membantu mereka membentuk visi dan tujuan untuk menemukan passion sesungguhnya dalam setiap peran karyawan.
  • Budaya: Merefleksikan lingkungan, perilaku, dan nilai untuk membantu perusahaan mencapai kesuksesan, dengan cara menentukan tujuan usaha yang jelas, mendefinisikan peran karyawan, dan mendorong karyawan untuk mengembangkan diri secara konsisten.
  • Kepemimipinan: Menanamkan semangat kepemimpinan, termasuk inisiatif ciptakan inovasi, menjalankan roadmap bisnis secara efektif, serta meningkatkan kemampuan problem solving sehingga karyawan tidak lekat, atau disengaged, dapat bertransformasi menjadi pemimpin yang berkontribusi penuh terhadap bisnis.

"Semua yang kami lakukan selama sesi ini akan meningkatkan kemampuan karyawan dan mendorong mereka untuk meraih performa yang lebih baik. Hal tersebut juga akan membantu mereka menjadi pemimpin yang berhasil. Program 12 minggu kami bukan proses pembelajaran yang terjadi satu kali. Kami akan terus memonitor klien dan karyawan, bahkan setelah program berakhir, untuk memastikan mereka menerapkan strategi yang tepat, yang kami latihkan selama program," ujar Prijono.

Sejauh ini, program Group Activation System ActionCOACH Jakarta telah membantu lebih dari 30 perusahaan dalam meningkatkan strategi keterlekatan karyawannya. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain Hotel Dharmawangsa Jakarta, DBS Bank, Colliers International, Diamond Cold Storage.

Business Excellence Forum ActionCOACH:

ActionCOACH Jakarta akan mengulas pengetahuan serta cerita sukses tentang bagaimana keterlekatan karyawan membangun bisnis meraih kesuksesan, dalam Business Excellence Forum di Scale Up Series edisi ketiga pada 5 Desember 2019, di Hotel Le Meridien Jakarta, yang juga menghadirkan pembicara Neneng Goenadi (Managing Director, Grab Indonesia) dan Veronica Risariyana (Head of People & Culture Transformation, PT HM Sampoerna Tbk).

Kontak Media:

ActionCOACH Jakarta
Tel:
Email: info.sj@actioncoach.com

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20191029/2624985-1?lang=0

Source: PRN Asia

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed