oleh

PT Mowilex Indonesia menjadi produsen pertama yang netral karbon

JAKARTA, Indonesia, 25 Oktober 2019 /PRNewswire/ — Perusahaan cat ternama PT Mowilex Indonesia (PT Mowilex) telah mengumumkan bahwa mereka berhasil menjadi produsen yang netral karbon. Pencapaian ini adalah yang pertama oleh perusahaan manufaktur di Indonesia.

PT Mowilex Indonesia menjadi produsen pertama yang netral karbon
PT Mowilex Indonesia menjadi produsen pertama yang netral karbon

 

“Menjadi pemimpin dalam sektor industri cat lebih dari hanya memproduksi cat dan pelapis yang berkualitas tinggi untuk customer kami. Menjadi pemimpin berarti berani bertanggung jawab untuk emisi karbon yang dihasilkan oleh seluruh operasional kami,” ungkap Niko Safavi, CEO PT Mowilex. “Kami memiliki sejumlah inisiatif dan program untuk mengurangi dampak negatif kami terhadap lingkungan dan kami berharap dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lainnya yang belum komitmen untuk menggunakan sumber daya mereka untuk menanggapi target iklim yang telah ditentukan oleh pemerintah Indonesia.”

SCS Global Services, salah satu badan sertifikasi yang diakui secara internasional, telah melakukan evaluasi pihak ketiga terhadap perhitungan emisi yang dikeluarkan oleh PT Mowilex, yang melingkup seluruh lokasi dan operasional mereka.

Mowilex telah melakukan offset terhadap jejak karbon mereka dengan mengikuti CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan oleh Natural Capital Partners, pemimpin global yang merintis proses sertifikasi netral karbon dan yang memulai mengembangkan protokol tersebut pada tahun 2002.

“Pencapaian netral karbon oleh Mowilex adalah suatu tonggak sejarah yang penting dalam suatu negara di mana konsumennya mencari merk-merk yang terdorong oleh nilai-nilai serta memprioritaskan pertanggung jawaban perusahaan (corporate responsibility),” kata Nicole Munoz, Managing Director, Environmental Certification Services di SCS Global Services.

PT Mowilex, dengan lebih dari 1,000 karyawan di seluruh Indonesia, telah mengimbangi (offset) emisi yang berasal dari operasional bisnis mereka di 11 lokasi, termasuk pabrik mereka.

Untuk mencapai netralitas karbon, PT Mowilex telah memulai serangkaian inisiatif operasional internal yang bertujuan untuk meminimalisir emisi gas efek rumah kaca (greenhouse gas emissions), seperti pembaruan sistem HVAC, berpindah ke vendor transportasi yang menggunakan kendaraan yang lebih efisien, serta rencana untuk melakukan konversi dari forklift yang menggunakan diesel ke yang menggunakan propana. Untuk mengimbangi sisa dari jejak karbon perusahaan, PT Mowilex telah membeli offset karbon dari Natural Capital Partners, dan salah satu anak perusahaan dari perusahaan asal Kanada, Just Energy.

Pencapaian PT Mowilex merupakan contoh yang baik bagaimana sektor industri swasta dapat mendukung target iklin yang ditentukan oleh pemerintah, bukan sekedar dalam bentuk janji tetapi juga dengan mengambil tindakan serta memimpin dengan memberikan contoh positif. “Banyak bisnis sedang memimpin dalam merintis cara-cara untuk mengambil tindakan untuk memberikan dampak langsung dan untuk memenuhi target-target perubahan iklim global,” ungkap Saskia Feast, Vice-President Western Region, Natural Capital Partners.

Perusahaan akan mengadakan konferensi pers untuk membahas pencapaian ini dan inisiatif-inisiatif yang berhubungan dengan keberlanjutan (sustainability) lainnya pada tanggal 30 October 2019.

Kontak

Untuk pertanyaan mengenai PT Mowilex atau untuk menghadiri konferensi pers oleh perusahaan, silakan hubungi Ibu Liza Astiyanti di Media@Mowilex.com

Untuk pertanyaan mengenai SCS Global Services, silakan hubungi Sabrina China di 

schin@sgsglobalservices.com

Untuk pertanyaan mengenai Natural Capital Partners, silahkan hubungi solutions@naturalcapitalpartners.com

Mengenai PT Mowilex Indonesia

Mowilex adalah merk cat premium yang diproduksi di Indonesia sejak 1970. Produk-produk PT Mowilex digunakan di berbagai commercial building, hotel, apartemen dan perumahan, serta terkenal karena mudah digunakan dan memiliki kualitas yang tinggi. Mowilex telah memperoleh penghargaan sebagai Pemenang Pertama Word of Mouth Marketing Award – Decorative Paint Category 2009, 2011 dan 2013, The First Champion Indonesia Original Brand 2014, The First Champion Indonesia Original Brand category Exterior Paint 2019.

Mengenai SCS Global

SCS adalah leader terpercaya dalam sertifikasi, audit, pengujian, dan pengembangan standar dalam bidang lingkungan, keberlanjutan, dan kualitas makanan. SCS Global bekerja di berbagai negara untuk mengedepankan target-target pembangunan yang berkelanjutan serta memberi para inovator suatu keunggulan kompetitif. Jasa sertifikasi dan solusi keberlanjutan yang mereka tawarkan melingkup sektor industri sumber daya alam, bangunan hijau, energi, agrikultur, dan produk konsumen sehingga pembuat kebijakan, pembeli, pengambil keputusan perusahaan, serta konsumen dapat membuat keputusan yang berdasarkan fakta yang berdasarkan akuntabilitas lingkungan, etika, dan kualitas tingkat tinggi.

Mengenai Natural Capital Partners

Natural Capital Partners bekerja sama dengan klien-klien mereka untuk memanfaatkan kekuatan bisnis untuk membantu menciptakan suatu dunia yang lebih berkelanjutan. Dengan lebih dari 300 klien di 34 negara, termasuk Microsoft, MetLife, PwC, GE Renewable Energy, LinkedIn, dan ING, Natural Capital Partners memberikan solusi berkualitas tinggi untuk netralitas karbon, energi yang dapat diperbarui, penggunaan air yang adil, membangun ketahanan rantai pasokan (supply chain), dan melindungi keanekaragaman hayati.

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20191024/2621150-1?lang=0

Related Links :

Source: PRN Asia

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed