Para wartawan Asia Tenggara peroleh perspektif baru tentang Kawasan Teluk Guangdong-Hong Kong-Makau

oleh

GUANGZHOU, Tiongkok, 16 September 2019 /PRNewswire/ — Nanfang Media Group mengundang sejumlah wartawan dari negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam untuk berkunjung ke lima kota di Kawasan Guangdong-Hong Kong-Makau, dari 2-6 September.

jwplayer.key=”3Fznr2BGJZtpwZmA+81lm048ks6+0NjLXyDdsO2YkfE=”

 

jwplayer(‘myplayer1’).setup({file: ‘https://cdn4.prnasia.com/002071/mnr/201909/nanfang/video.mp4’, image: ‘http://www.prnasia.com/video_capture/2772529_ID72529_1.jpg’, autostart:’false’, aspectratio: ’16:9′, stretching : ‘fill’, width: ‘512’, height: ‘288’});

Saat merampungkan kunjungannya, para wartawan membagikan berbagai temuannya selama menyambangi Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Dongguan dan Zhongshan, serta menyimpulkan bahwa mereka perlu mempelajari dan memberitakan Kawasan Guangdong-Hong Kong-Makau secara lebih lanjut, sebab berbagai peluang kerja sama antara kawasan tersebut dan negara-negara mereka terlihat menjanjikan.

Tan Dawn Wei, Kepala Biro The Straits Times di Tiongkok, menekankan pembangunan Kawasan Guangdong-Hong Kong-Makau kelak mendatangkan peluang besar kepada beberapa negara dan wilayah yang berdekatan. Tan menilai, Singapura dan beberapa negara ASEAN segera menangkap berbagai peluang dari rencana pembangunan tersebut, tak hanya di sektor kebudayaan, namun juga perdagangan, sains, serta penelitian.

Han Yong Hong, Wakil Pemimpin Redaksi Lianhe Zaobao, berkata, "Saya terkesan dengan perubahan drastis Dongguan. Kota ini menunjukkan kiprahnya dalam mengikuti tren teknologi dan sektor manufaktur kelas atas." Menurutnya, berbagai peluang kerja sama akan muncul di bidang sains dan teknologi antara kalangan perusahaan Tiongkok dan Singapura. Di bidang robot, kerja sama antara sejumlah Universitas dari kedua negara dan perusahaan riset di Dongguan bisa terjalin lebih erat di masa mendatang.

Sun Jifei, Wakil Pemimpin Redaktur Indonesia Shang Bao, sangat memuji rencana kepariwisataan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau (HZMB). "Ada kian banyak orang yang akan tertarik dengan kawasan ini jika HZMB termasuk di dalam rencana kepariwisataan di tiga tempat."

Ketika mengunjungi GMTCM Park, kerja sama antara Guangdong dan Makau, Su Lingyi, Direktur Departemen Pemberitaan tentang Tiongkok di Sing Sian Yer Pao, mengatakan, "Tahun lalu, mereka menggelar forum TCM di Thailand yang juga saya hadiri. Kawasan industri tersebut tidak sekadar mempromosikan TCM ke pasar-pasar luar negeri, namun juga memperkenalkan obat-obatan dan herba luar negeri ke Tiongkok: sebuah solusi yang saling menguntungkan," jelasnya.

Nang Chian Ping, Redaktur Berita Digital Kwong Wah Yit Poh, berharap, lewat surat kabarnya, dia bisa menyajikan informasi tentang Kawasan Guangdong-Hong Kong-Makau kepada warga Malaysia, sehingga mereka bisa menangkap berbagai peluang yang menguntungkan kedua pihak.

Video – https://cdn4.prnasia.com/002071/mnr/201909/nanfang/video.mp4

Source: PRN Asia