CFO Jempolan di Era Digital Harus Berada di Garis Depan

oleh

JAKARTA, 3 September 2019 /PRNewswire/ — Di zaman yang serba digital sekarang ini, peran Chief Financial Officer (CFO) semakin menantang. Disrupsi digital telah mengubah banyak hal secara cepat, termasuk dalam hal menajemen keuangan perusahaan. Para CFO tak bisa lagi hanya fokus pada peran-peran konvensional, tapi ada peran-peran baru yang harus mereka jalankan akibat pengaruh teknologi informasi (IT) dalam menjalankan perusahaan.  Untuk itulah, Majalah SWA bersama Accenture mengadakan survei mengenai peran CFO dalam era digital.

Sejumlah CFO berhasil mencetak prestasi gemilang karena mampu untuk membuat kinerja keuangan perusahaan moncer. Sebut saja misalnya, Iman Rachman mantan CFO PT Pelindo II (Persero) telah diangkat menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero). Arief Budiman, mantan CFO PT Pertamina (Persero) yang berhasil melakukan turn arround di BUMN ini, kini menjadi Direktur Utama PT Danareksa (Persero). Di luar kedua CEO tersebut, masih banyak CFO yang  juga  mencetak prestasi gemilang.

Di samping itu, Majalah SWA juga menyelenggarakan pemilihan CFO-CFO terbaik, yang pemilihan dilakukan melalui panel penjurian. Dan, CFO ini berhasil terpilih 10 besar terbaik adalah Ang Andri Pribadi (CFO PT Selamat Sempurna Tbk), menyusul kemudian Aditya Dewabroto (CFO PT Elnusa Petrofin), Ervina Waty (CFO Ismaya Group), Wahyu Avianto (CFO BNI Syariah), Meylindawati (CFO PT Asuransi Allianz Life Indonesia), Stephen Ten (CFO Sintesa Group), Leonardus Wahyu Wasono (CFO PT Telkom International/Telin), Eddy Indradi Tirtokusumo (CFO PT Chandra Sakti Utama Leasing), Daniel Setiawan (CFO PT Sorini Agro Asia Corp Tbk), dan Sjafitri Sari Dewi (CFO PT Indo Tenaga Hijau).

Acara CFO Forum dan Indonesia Best CEO Award 2019 dimulai dengan pemaparan hasil riset dari Accenture tentang Reposisi Peran CFO yang bernama The CFO Reimagined yang dipresentasikan oleh Yin Sern Lim, Managing Director, CFO & Enterprise Value, Accenture in ASEAN.

The CFO Reimagined diterbitkan oleh Accenture di tahun 2018 untuk mengkaji peran CFO dan transformasi fungsi finance di era digitalisasi dengan melakukan survei dan wawancara terhadap CFO dan para eksekutif keuangan di berbagai macam perusahaan yang bergerak di lintas industri di 10 negara. Dengan menggunakan metode dan pendekatan yang sama, Accenture di Indonesia juga telah melakukan studi terhadap CFO dan finance executives di Indonesia dan membandingkan hasil risetnya dengan hasil riset global untuk mengetahui kesamaan serta perbedaan atas peran dan ekspektasi CFO di era digitalisasi.

Berdasarkan hasil riset global, terdapat 5 hal yang menjadi penentu untuk transformasi dan evolusi dari peran CFO, yaitu:

  1. Ekspektasi yang kian meningkat
    Dewan, CEO dan perusahaan secara keseluruhan bergantung pada CFO
  2. Laju perubahan
    Semakin cepatnya pertumbuhan bisnis
  3. Kontrol yang diperluas & ekspektasi dari kepatuhan
    Didorong oleh regulasi dan harapan konsumen
  4. Tekanan untuk selalu berkembang
    Dikarenakan keuntungan yang terus meningkat
  5. Kekuatan dari sebuah data
    Volume data yang terus bertambah, mengakibatkan CFO dituntut untuk lebih fokus dan memiliki kemampuan baru

"Jika kita bandingkan dengan hasil dari global, hasil survei di Indonesia menunjukkan bahwa para CFO lebih antusias untuk mejalankan perannya sebagai digital value steward. Untuk mencapai hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para CFO kedepannya, yaitu implikasi dari implementasi teknologi, termasuk didalamnya terdapat unsur SDM dan perubahan proses policy. Para CFO juga yakin bahwa 60% dari proporsi pekerjaan finance dapat digantikan oleh teknologi terutama untuk pekerjaan yang bersifat transaksional," kata Yin Sern Lim.

Sebelum acara penghargaan para CFO terbaik, acara diawali dengan berbagi pengalaman  dan diskusi, dengan nara sumber:  Ang Andri Pribadi, Aditya Dewabroto,  Ervina Waty dan Leonardus Wahyu Wasono serta moderator Leonard Nugroho (Nugi) T, Managing Director, Technology Consulting Lead, Accenture in Indonesia.

Mengenai Accenture

Accenture adalah perusahaan layanan profesional global terkemuka, yang menyediakan berbagai layanan dan solusi strategi, konsultasi, digital, teknologi dan operasi bisnis. Dengan menggabungkan pengalaman dan keterampilan khusus di lebih dari 40 industri dan semua fungsi bisnis – yang didukung oleh jaringan penyampaian terbesar di dunia – Accenture bekerja di titik pertemuan bisnis dan teknologi untuk membantu para klien meningkatkan kinerja mereka dan menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan. Dengan lebih dari 482.000 personil yang melayani klien-klien di lebih dari 120 negara, Accenture memberikan inovasi untuk hidup dan bekerja. Kunjungi situs web kami di www.accenture.com.

Media contact:
Accenture Indonesia
Nia Sarinastiti
Marketing & Communication Director
Wisma 46 — Kota BNI — 18th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220
Tel : +6221 574 6575
Email: nia.sarinastiti@accenture.com

Related Links :

http://www.accenture.com

Source: PRN Asia