oleh

ActionCOACH Menggagas Lahirnya Sekolah Wirausaha untuk Remaja Kurang Beruntung

Inisiatif ini bertujuan untuk memutuskan rantai kemiskinan di Indonesia.

JAKARTA, Indonesia, 23 Agustus 2019 /PRNewswire/ — Salah satu pusat pelatihan bisnis terkenal di Indonesia, ActionCOACH Jakarta, menginisiasi program pelatihan nirlaba untuk memutuskan rantai kemiskinan di Indonesia.

Penampilan siswa-siswa YPU dalam drama musical “Dian - The Musical, Road to a Musical Film."


Penampilan siswa-siswa YPU dalam drama musical “Dian – The Musical, Road to a Musical Film."

Faktanya, banyak masyarakat Indonesia yang saat ini masih berada di bawah garis kemiskinan, namun sebagian besar panti asuhan masih kurang efektif dalam menyikapi kemiskinan ini. Umumnya, mereka hanya menekankan pada keprihatinan serta menggantungkan hidup pada donasi masyarakat. Akibatnya, institusi ini justru akan melahirkan generasi pemalas dan kurang bersemangat, tanpa memberikan keterampilan untuk mereka mengembangkan potensi diri.

Sekitar satu dekade silam, ActionCOACH menginspirasi Martin Gea untuk membangun Yayasan Prima Unggul (YPU), sebuah sekolah wirausaha yang ditujukan bagi remaja kurang beruntung. Saat ini, sekolah tersebut telah sukses mencetak dan memberdayakan sekumpulan remaja yang pandai berbisnis, memiliki pekerjaan stabil, berpendidikan tinggi, serta aktif dalam berbagai program pertukaran pelajar di luar negeri untuk memperkaya pengetahuan.

"ActionCOACH menginspirasi kami untuk memprofesionalkan organisasi nirlaba kami, sambil terus percaya pada mimpi besar. Apalagi, melalui metode pendidikan berbasis kewirausahaan, YPU bertekad untuk memutuskan rantai kemiskinan di Indonesia. Kami mengajarkan para siswa keterampilan khusus serta pola pikir seorang wirausaha. Mereka pun belajar bahwa kehidupan akan lebih bermakna jika kita berkontribusi terhadap sesama," ujar Martin Gea, pendiri Yayasan Prima Unggul. 

Saat ini, siswa-siswa YPU telah aktif mengoperasikan berbagai bisnis untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, antara lain:

–  Servis catering yang memproduksi, mempromosikan, serta menjual berbagai snack dan makanan melalui platform online dan offiline.

–  Grup vokal yang menerapkan strategi promosi lewat pementasan drama musikal. Seperti baru-baru ini, mereka terlibat dalam pementasan bertajuk "Dian" yang melibatkan berbagai penyanyi dan musisi terkemuka di Indonesia, serta mendapat respon positif dari media-media besar di Indonesia.

–  Pusat pelatihan, sebagai wadah bagi siswa YPU untuk berkeliling membagikan kisah sukses serta pengalaman yang membentuk karakter mereka, ke berbagai panti asuhan serta sekolah. Inti pesannya, "Jika kami bisa melakukannya, kamu pasti bisa."

–  Pusat servis dan cuci motor yang seluruh proses bisnisnya dioperasikan oleh siswa YPU.

"Yayasan Prima Unggul menjadi kisah sukses terbesar kami di luar dunia bisnis. Tujuannya, agar orang semakin sadar bahwa pelatihan bisnis bisa melahirkan pengaruh yang begitu besar, tidak hanya untuk korporasi tetapi juga sektor ekonomi lain termasuk nirlaba. Para donatur dan pemerintah juga sebaiknya sadar, memberikan uang saja tidak akan cukup untuk membantu anak-anak ini. Sebaliknya, dibutuhkan investasi melalui program pendidikan dan pemberdayaan yang tepat, agar memberikan dampak panjang dalam memerangi kemiskinan," ujar Prijono Nugroho, Managing Partner ActionCOACH Jakarta. 

Kontak Media:

ActionCOACH Jakarta
Tel: +6221 2567 5775
Email: info.sj@actioncoach.com

Photo – https://photos.prnasia.com/prnh/20190821/2557901-1?lang=0

Source: PRN Asia

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed