Hari UMKM Nasional & Hari Kemerdekaan, Dukung UMKM Indonesia Terus Berkembang Go Digital Lewat Edukasi Content Marketing

oleh

Dalam pemasaran digital saat ini, metode dan pendekatan content marketing bisa dibilang fundamental dan efektif, untuk kesuksesan bisnis UMKM di era digital.

JAKARTA, Indonesia, 20 Agustus 2019 /PRNewswire/ — Kemajuan teknologi digital telah membuka banyak peluang, kesempatan dan kemudahan bagi pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya, salah satunya pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bicara UMKM, tentu keberadaannya sangat berpengaruh pada perekonomian nasional, sebab sektor ini daya resiliensinya tinggi, juga menyumbang PDB dan penciptaan lapangan kerja yang signifikan. Namun demikian, di era industri 4.0 ini, belum sepenuhnya kalangan UMKM yang melek digital.

Para expert konten dan digital marketing dalam #BincangSantaiUKMKatarsa


Para expert konten dan digital marketing dalam #BincangSantaiUKMKatarsa

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, hingga tahun 2018, Indonesia memiliki sekitar 64 juta pelaku UMKM. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 20 persen (sekitar 12 juta) yang melek digital. Artinya masih ada 52 juta UMKM belum melek digital. Paling tidak pemerintah sendiri menargetkan 50 persen UMKM sudah terdigitalisasi pada 2024, apalagi mengingat potensi Indonesia sebagai negara ekonomi digital di Asia.

Itulah mengapa berkembangnya bisnis UMKM saat ini perlu diimbangi dengan pelatihan dan pendampingan di sektor digital bagi para pelaku UMKM. Hal ini sangat diperlukan agar pelaku UMKM memiliki daya saing dan mampu berinovasi di era kompetisi yang kian ketat. Bertepatan dengan momen perayaan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus dan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus, layanan content marketing & digital strategy Katarsa, bekerja sama dengan PR Newswire Indonesia, menggelar forum interaktif bernama Bincang Santai UKM untuk berbagi inspirasi dan edukasi terkait go digital untuk para pelaku UMKM, yang digelar pada Jumat (16/8/2019) di Jakarta Creative Hub.

Kegiatan yang mengambil tema "Strategi Content Marketing Optimal Untuk Menangkan Era Digital" itu diikuti oleh para pelaku UMKM, dan menghadirkan sejumlah narasumber profesional dan ahli di bidang konten dan industri digital. Ada 5 pembicara, yaitu, Ulung Putra Windi (Content Marketing Supervisor mobil88 Astra), Marissa Anugrah (Content Strategist PR Newswire Indonesia), Lika Aprilia (Content & SEO Specialist, Ex Editor In Chief Hellosehat.com), Dimas Anugrah (Content & Campaign Manager Zilingo), dan Astri Soeparyono (Managing Editor GOJEK).

Masih belum optimalnya melek digital di sektor industri UMKM ini pula yang mendorong Katarsa untuk menggelar kegiatan Bincang Santai UKM, yaitu acara bincang-bincang yang membahas topik hangat atau yang sedang menjadi tren di dunia pemasaran, khususnya terkait content marketing dan strategi serta optimisasi digital, dengan menghadirkan pembicara berpengalaman di bidangnya, untuk menginspirasi kalangan UKM meningkatkan bisnisnya. Dalam sesi Bincang Santai UKM kali ini, para pembicara membedah mengapa content marketing adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif saat ini, agar pelanggan dan omset meningkat, dan juga terus meningkatkan jumlah pelaku UMKM go digital di Indonesia.

Content marketing sendiri adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada pembuatan, penerbitan, dan distribusi konten untuk audiens yang ditargetkan secara online, yang mana digunakan oleh bisnis untuk menarik perhatian dan memperluas basis pelanggan. Bicara content marketing, dari mulai artikel blog, video, e-book, podcast, media sosial, webinar, dan lainnya, sudah jamak ada di sekitar kita. Berbeda dengan metode periklanan tradisional, strategi content marketing bisa dibilang berbiaya efektif dengan hasil yang terukur, dan berpusat pada kekuatan konten yang menarik dan bermanfaat bagi audiens.

Para pembicara sepakat bahwa untuk mengembangkan bisnis, bisa melalui strategi content marketing. Dimulai dengan membangun brand, menentukan audiens target, membuat konten relevan, terus eksperimen dan analisa atas konten yang berhasil, dan jika semua dilakukan konsisten, tentunya dapat menghasilkan awareness, traffic, leads, dan kepercayaan, serta penjualan.

"Melalui Bincang Santai UKM, Katarsa menginisiasi sebuah wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang terkait, dan memfasilitasi pelaku UKM mendalami pengetahuan bisnisnya khususnya terkait digital. Tujuannya, untuk turut berkontribusi mendorong pelaku UKM agar dapat naik kelas. Sehingga mampu bersaing dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital," ungkap Dewi Irma, Co-Founder & Managing Partner Katarsa.

Untuk info lebih lanjut, hubungi:
Katarsa
www.katarsa.id
Nabila Raisya
Ph. 08111407212
Email. raisya@katarsa.id

Tentang Katarsa

Katarsa adalah layanan Content Marketing & Digital Strategy berbasis di Jakarta, Indonesia, yang mendukung UKM-UKM dan startup-startup di Indonesia yang sedang berkembang, dan juga brand-brand terkemuka, dalam mencapai pertumbuhan bisnis yang kuat, terstruktur dan berkelanjutan, melalui content marketing, dan strategi & optimisasi digital. Layanan Katarsa di antaranya jasa manajemen artikel blog, media sosial, e-book, fotografi, videografi, web copywriting, infografis, press release, advertorial, paid marketing, website development, influencer marketing, SEO, email marketing, online reputation management, hingga conversion rate optimisation. Nama ‘Katarsa’ berasal dari bahasa Sansekerta; ‘Catha’ berarti kreatif, yang kemudian dieja sebagai ‘Kata’ atau kata-kata dalam bahasa Indonesia, dan ‘Arsa’ berarti kebahagiaan. Singkatnya, seperti yang tersirat dari nama, Katarsa berusaha mengantarkan strategi dan konten kreatif yang membawa kebahagiaan pada kliennya.

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20190820/2556454-1-a?lang=0

Related Links :

http://www.katarsa.id

Source: PRN Asia