Dari Mantan Kapolsek Melaju ke Kursi Legislatif

oleh
Parohon Tambunan. (batakpost.com/RED)

Kompol (Purn) Parohon Tambunan SH itulah nama sosok pria yang berhasil lolos ke kursi DPRD Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Mantan Kapolsek Pandan itu salah satu dari 35 orang anggota DPRD Tapteng terpilih yang sudah diumumkan KPUD Tapanuli Tengah beberapa waktu lalu.

Kepada Batakpost.com, ayah dari dua orang anak itu mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan. Karena atas izin dan perolongan Tuhanlah yang menghantarkan dirinya ke kursi legislatif.

“Saya tidak pernah terpikir akan mejadi anggota Dewan, barulah setelah saya menjadi Kapolsek Pandan dan menjelang masa pensiun, saya beniat ingin melanjutkan pengabdian saya untuk kampung halaman tercinta. Secara tugas kepolisian saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi pengayom, dan melalui jabatan legislatif ini saya akan teruskan pelayanan itu kepada masyarakat,” ujarnya, Rabu (14/8) di Pandan.

Diungkapkan Parohon, keberhasilannya menuju kursi parlemen tidak lepas dari partai Perindo yang memboncengnya. Ia mengakui bahwa visi misi dari Partai Perindo bersentuhan langsung dengan niatnya untuk membangun dan mengabdi bagi kampung halaman.

“Ilmu kepolisian yang saya miliki selama 38 akan saya terapkan nantinya di legislatif. Karena secara umum banyak tugas polisi yang bersamaan dengan tugas Dewan. Salah satunya menciptakan rasa aman dan kondusif. Agar situasi aman dan kondusif tercipta, barang tentu harus ada lapangan pekerjaan. Hal itulah yang akan saya perjuangkan di legislatif nanti, sehingga masyarakat tidak tergoda untuk melakukan perbuatan kriminal karena sudah memiliki pekerjaan,” terangnya.

Selain menciptakan lapangan pekerjaan, pria yang lahir di Desa Hutanabolon, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 1960 itu, ingin menerapkan aturan melalui peraturan daerah.

“Harus ada aturan yang jelas sehingga masyarakat tidak asal bertindak dan terlindungi haknya dengan baik. Untuk itulah saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung saya menjadi anggota DPRD Tapteng, dan ucapan terim kasih juga saya sampaikan kepada Partai Perindo secara khusus kepada Ketua Perindo Tapteng, Milson Silalahi yang terus memberikan ide dan kreasi selama proses pencalonan kemarin,” ujarnya.

Ayah dari Devi Yunarti Tambunan dan The End Putrado Tambunan itu memiliki motto hidup mengandalkan Tuhan dalam setiap rencana. Karena tanpa campur tangan Tuhan, mustahil keinginan itu dapat diraih.

“Tanpa pertolongan Tuhan mana mungkin saya bisa lolos ke kursi DPRD Tapteng ini, mengingat begitu beratnya persaingan dengan latar belakang kemampuan finansial yang berbeda. Karena Tuhan itu sudah menolong saya, maka saya juga harus membantu orang lain melalui jabatan yang diamanahkan rakyat kepada saja,” sebut Parohon yang merupakan alumni SMAN 1 Sibolga. (RED)