Bandara FL Tobing Tingkatkan Pelayanan Dukung Kehadiran Wisatawan ke Tapteng

oleh
Keberadaan bandara FL Tobing PInangsori, Tapanuli Tengah. (batakpost.com/IST)

Tapteng, 8/7 (Batakpost.com)-Bandara Dr FL Tobing di Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, meningkatkan pelayanan guna mendulang kehadiran wisatawan ke Kabupaten Tapanuli Tengah dengan jargon ‘Negeri Wisata Sejuta Pesona’.

Adapun peningkatan pelayanan di Bandara yang memiliki landasan pacu 2.190 meter x 30 meter itu adalah, kehadiran layanan 4 maskapai penerbangan, yaitu Garuda Airlines, Citilink, Wings Air, dan Aviasta penerbangan perintis ke Bandara Binaka di Pulau Nias.

Sedangkan untuk rute Bandara Internasional Kuala Namu, ada 2 maskapai, yaitu Citilink 3 kali penerbangan dalam seminggu (Rabu, Kamis dan Jumat) dan Wings Air setiap hari penerbangan.

Khusus Wings Air, hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu ada 3 penerbangan dalam sehari dan untuk hari Selasa, Kamis, dan Sabtu 2 kali penerbangan sehari. Rute Jakarta dengan maskapai Garuda setiap hari penerbangan 7 kali seminggu.

“Saat ini sedang dibangun gapura bandara, kantor bandara, rumah dinas dan drainase sekitar Bandara Dr FL Tobing, sehingga penataan semakin baik dan asri,” ujar Kepala Kantor Bandara Dr FL Tobing, Pinangsori, Farel Lumbantobing kepada wartawan, baru-baru ini.

Ia menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung peningkatan pelayanan untuk mendulang kedatangan wisatawan baik lokal dan internasional ke Tapteng.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam konsep pembangunannya adalah, peningkatan disektor wisata salah satu nya. Dan itu sudah tertuang dalam visi misi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tapteng Tahun 2017-2022.

Untuk mengembangkan potensi wisata di Tapteng salah satu faktor pendukung yang strategis adalah keberadaan bandar udara Dr Ferdinand Lumbantobing.

Bandara FL Tobing yang berada di Kecamatan Pinangsori,  Kabupaten Tapanuli Tengah sudah pernah dikunjungi Presiden Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden Jokowi yang sudah 3 kali mendarat di Pinangsori.

Saat hadir ke Tapteng dan Sibolga, Jokowi telah menjanjikan perluasan bandara FL Tobing. Janji Jokowi itu pun disambut gembira oleh Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang mengharapkan perluasan bandara itu terealisasi diperiode kedua Jokowi memimpin Indonesia. (RED)