Bah..di Pandan Harga Cabai Merah Masih Rp70ribu Ker Kilo

oleh
Salahseorang pedagang cabai merah di Pandan. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 13/6 (Batakpost.com)-Harga cabai merah asal Toba di pajak Pandan Tapanuli Tengah, Sumatera Utara sampai saat ini masih bertahan diharga Rp70.000 per kilo gramnya.

Hal itu berdasarkan pegakuan para pedagang yang ada di lokasi, Kamis (13/6).

“Baru dua hari ini turun harganya menjadi Rp70.000 per kilonya. Kemarin itu pas usai libur lebaran harganya Rp100.000 per kilo nya. Makanya saya hanya ambil 20 kg untuk stok dijual siapa tahu harga cabai nanti tiba-tiba turun,” ujar boru Sitompul penjual sayur mayur dan bumbu masak di pajak Pandan, Kamis (13/6) siang.

Ia mengungkapkan, bahwa harga beli cabai merah asal Toba dari pihak agen per kilonya sudah Rp67.000. Tingginya harga dari agen yang membuat mereka terpaksa menjual Rp70.000 per kilonya.

Sementara itu menurut boru Manalu, harga cabai merah di kiosnya dijual Rp65.000 per kilonya. Kemarin itu ia sempat menjual Rp60.000.

“Harganya tidak normal pak, kadang naik kadang turun. Untuk hari ini saya menjual Rp65.000 per kilonya, kemarin Rp60.000,” ungkapnya.

Salah seorang pembeli cabai merah yang ditemui di pajak Pandan, Ratna, mengaku, karena mahalnya harga cabai merah, ia pun mengirit untuk membeli cabai agar uang belanya mencukupi untuk kebutuan dapur lainnya.

“Kami tidak tahu dimana permasalahan kenapa harga cabai merah ini masih tinggi. Mohonlah kepada pemerintah daera untuk membantu mencarikan solusi kenapa harga cabai merah ini tetap mahal,” pintanya.(RED)