Survei Herbalife Nutrition Kemukakan 8 dari 10 Konsumen Asia Pasifik Berupaya Menyantap Sarapan yang Lebih Sehat, Namun Sebagian Besar dari Mereka Masih Memilih Sarapan Berdasarkan Kenyamanan

oleh

HONG KONG, 20 Mei 2019 /PRNewswire/ — Sebagai perusahaan yang bertujuan membuat dunia yang lebih sehat dan bahagia, perusahaan nutrisi terkemuka di dunia, Herbalife Nutrition, hari ini menerbitkan sejumlah temuan dari Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik Tahun 2019. Diadakan pada Maret 2019 dengan melibatkan 5.500 responden di 11 negara – Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam – survei ini mengungkapkan sebagian besar konsumen Asia Pasifik memahami manfaat dari sarapan sehat, dan berkeinginan untuk menyantap sarapan yang lebih sehat, tujuh dari 10 (67%) masih memilih sarapan berdasarkan kenyamanan, ketimbang manfaat kesehatan (43%) dan kandungan nutrisi (33%).

Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik Tahun 2019 oleh Herbalife Nutrition


Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik Tahun 2019 oleh Herbalife Nutrition

Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik Tahun 2019 melanjutkan kajian awal yang dilakukan pada 2018, mencermati perilaku dan kebiasaan konsumen tentang sarapan. Tahun ini, survei tersebut mengungkapkan kombinasi sarapan yang biasa dipilih para konsumen di tiap-tiap negara, sejumlah faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, serta pandangan mereka tentang sajian apa yang membuat kombinasi sarapan menjadi lebih menyehatkan.

"Secara umum kita memahami bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam keseharian kita. Mengawali hari dengan sarapan yang sehat membantu metabolisme, kesehatan otot dan menjaga berat badan secara jangka panjang. Untuk itu, konsumen perlu membuat pilihan secara sadar agar dapat mengawali harinya dengan nutrisi yang tepat. Herbalife Nutrition menawarkan pilihan sarapan yang menyajikan landasan nutrisi terbaik sehingga konsumen bisa menjalani hidup yang lebih sehat," ujar Stephen Conchie, Senior Vice President and Managing Director, Asia Pasifik, Herbalife Nutrition. 

Kopi dan Telur — Kombinasi Sarapan yang Biasa Disantap Konsumen Asia Pasifik

Saat ditanyai tentang pilihan sarapan yang biasanya disantap konsumen Asia Pasifik, survei ini menunjukkan "kopi dan telur" sebagai kombinasi sarapan bagi kalangan konsumen di Australia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand. Yang menjadi pengecualian adalah Hong Kong dan Indonesia yang memilih "teh dan telur" di peringkat pertama, serta Vietnam yang memilih "kopi dan roti bulat" sebagai pilihan kombinasi sarapan yang paling banyak disantap. Secara rata-rata, konsumen Asia Pasifik mengatakan bahwa mereka menyantap kombinasi sarapan yang paling umum tersebut sebanyak 16 kali setiap bulan, atau kira-kira tiap dua hari sekali.

Kenyamanan — Faktor Terbanyak yang Mempengaruhi Pilihan Sarapan bagi Konsumen

Mengenai alasan yang mempengaruhi pilihan sarapan mereka pada umumnya, konsumen Asia Pasifik menekankan hal-hal berikut sebagai lima pertimbangan utamanya:

  • Kenyamanan (67%)
  • Kelezatan (47%)
  • Biaya yang terjangkau (44%)
  • Kesehatan (43%)
  • Nutrisi (33%)

Menjadikan kenyamanan sebagai faktor pertimbangan utama saat memilih sarapan, sebagian besar konsumen juga memilih cara yang paling nyaman untuk menyiapkan sarapan pada umumnya:

  • 51% akan menyiapkan sarapan dari nol di rumah
  • 22% akan membeli sarapan dari restoran terdekat
  • 18% akan menyiapkan sarapan dari makanan olahan di rumah

Dalam hal tempat yang disukai untuk menyantap sarapan:

  • 70% lebih suka menyantap sarapan di rumah
  • 11% lebih suka menyantap sarapan di restoran terdekat
  • 10% akan menyantap sarapan di tempat kerja
  • 6% akan menyantap sarapan dalam perjalanan

Konsumen Terbagi-bagi tentang Pilihan Sarapan yang Lebih Menyehatkan

Ketika ditanyai tentang sajian apa yang dianggap sebagai kombinasi sarapan yang lebih menyehatkan, pandangan konsumen Asia Pasifik terbagi-bagi. Di Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam, susu dianggap sebagai pilihan minuman yang lebih menyehatkan ketimbang kopi; di Hong Kong dan Taiwan, susu kedelai dianggap sebagai pilihan yang lebih menyehatkan; sementara, di Malaysia dan Singapura, teh dianggap lebih menyehatkan.

Kombinasi sajian sarapan yang lebih menyehatkan di setiap negara Asia Pasifik:

  • Susu dan Telur – Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam
  • Air Putih dan Buah-Buahan Australia
  • Susu Kedelai dan Sereal – Hong Kong
  • Susu dan Roti Bakar Tawar – Jepang
  • Air Putih dan Nasi – Korea
  • Teh dan Telur  Malaysia
  • Teh dan Oatmeal Singapura
  • Susu Kedelai dan Telur  Taiwan

Beragamnya tanggapan ini menunjukkan konsumen Asia Pasifik belum sepenuhnya menyadari tentang nutrisi ideal untuk sarapan. Kombinasi "air putih dan buah-buahan" yang dipilih para konsumen Australia tergolong kaya akan serat dan kandungan vitamin, namun secara jelas masih kekurangan protein. Konsumsi protein secara memadai saat sarapan bisa membantu metabolisme, kesehatan otot dan menjaga berat tubuh. Selain itu, pilihan sarapan sehat yang dipilih kalangan konsumen di Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Taiwan masih kekurangan serat dalam jumlah signifikan.

Konsumen Asia Pasifik Menginginkan Sarapan yang Lebih Menyehatkan

Meski terbatasnya pemahaman tentang komposisi nutrisi ideal untuk sarapan yang menyehatkan, lebih dari delapan di antara 10 (82%) konsumen Asia Pasifik mengatkaan bahwa mereka ingin menyantap sarapan yang lebih menyehatkan, sementara ada lebih dari sembilan di antara 10 konsumen di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam menginginkan hal serupa. Namun, keterbatasan waktu (62%), besarnya upaya yang dibutuhkan (31%) serta ketidaknyamanan (31%) tetap menjadi kendala utama yang mencegah mereka untuk melaksanakannya.

"Tak diragukan lagi, konsumen Asia Pasifik menginginkan sarapan yang sehat, lezat, nyaman dan berbiaya murah secara sekaligus. Bagi kami di Herbalife Nutrition, kami telah berinvestasi pada produk-produk baru sambil terus meningkatkan sejumlah produk yang telah dimiliki seperti Herbalife Nutrition Formula 1, agar konsumen betul-betul dipermudah ketika menyiapkan sarapan lezat, bernutrisi, dan sehat setiap hari," tambah Conchie.

Ajang Herbalife Nutrition Asia Pacific Wellness Tour

Herbalife Nutrition akan menggelar ajang 11th Asia Pacific Wellness Tour ke Asia Pasifik, menampilkan serangkaian simposium kesehatan dan pembahasan tentang nutrisi di berbagai kota di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Acara tersebut, berlangsung sepanjang Mei, akan menghadirkan para pakar Herbalife Nutrition dan anggota Herbalife Nutrition Advisory Board (NAB). Mereka akan berbagi keahlian tentang berbagai topik kesehatan, dan membina masyarakat supaya membiasakan makan pagi yang sehat setiap hari.

Tentang Herbalife Nutrition

Herbalife Nutrition adalah perusahaan nutrisi global yang ingin membuat dunia lebih sehat dan bahagia. Perusahaan telah menjalankan misi untuk nutrisi – mengubah kehidupan orang dengan berbagai produk dan program nutrisi yang baik – sejak 1980. Bersama para anggota independen Herbalife Nutrition, kami bertekad menghadirkan solusi terhadap nutrisi dan obesitas, penduduk yang menua, lonjakan biaya perawatan kesehatan publik serta maraknya wirausahawan pada seluruh usia di seluruh dunia. Herbalife Nutrition menawarkan berbagai produk bermutu tinggi dan didukung sains. Banyak produk Herbalife Nutrition dibuat di berbagai fasilitas yang dikelola Perusahaan, sesi pelatihan individual dengan anggota independen Herbalife Nutrition serta pendekatan komunitas yang mendukung dan menginspirasi konsumen agar menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Produk-produk nutrisi Herbalife Nutrition, pengelolaan berat badan, energi dan kebugaran serta produk perawatan tubuh lainnya, tersedia secara ekslusif bagi dan melalui anggota independen di lebih dari 90 negara. Melalui program tanggung jawab sosial perusahaannya, Herbalife Nutrition mendukung Herbalife Family Foundation (HFF) dan Casa Herbalife guna membantu menyediakan nutrisi yang baik kepada anak-anak yang membutuhkan. Herbalife Nutrition juga bangga mensponsori lebih dari 190 atlet, tim dan kegiatan olahraga kelas dunia, termasuk Cristiano Ronaldo, LA Galaxy dan berbagai tim Olimpiade.

Herbalife Nutrition memiliki 8.300 lebih pegawai di seluruh dunia, dan sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek New York (NYSE: HLF) dengan pendapatan bersih sekitar US$4,4 miliar pada 2017. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, kunjungi Herbalife.com atau IAmHerbalife.com.

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20190520/2461702-1-d

 

Source: PRN Asia