Yehezkiel Lumbangaol, Siswa SMP Methodist Siantar Wakili Sumut ke Olympiade Nasional

oleh
Yehezkiel Lumbangaol, siswa SMP Methodist Pematangsiantar (tengah) foto bersama dengan Kepala Sekolah dan para gurunya. Yehezkiel menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Olympiade Nasional di Yogjakarta mulai mulai tanggal 30 Juni-6 Juli 2019. (batakpost.com/RED)

Pematangsiantar, 15/5 (Batakpost.com)-Yehezkiel Lumbangaol, siswa SMP Methodist Pematangsiantar dari mata pelajaran IPA menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti Olympiade Nasional di Yogjakata mulai tanggal 30 Juni-6 Juli 2019.

Selain Yehezkiel Lumbangaol, ada dua lagi siswa yang turut diutus mengikuti ajang tingkat Nasional itu.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMP Methodist  Siantar, Edwin Teguh N dan Ketua Yayasan Methodist Pematangsiantar, Dr. Petrus Yusuf, Sp.Ak, dalam siaran persnya yang diterima redaksi batakpost.com.

Tentu saja prestasi yang diraih sekolah itu sangat membanggakan karena menjadi  bukti walaupun Pematangsiantar tidak sebesar kota Medan, namun dalam hal pendidikan, Pematangsiantar beriringan sangat ketat dengan Kota Medan yang pada tahun ini berhasil mengutus 4 siswanya mengikuti Olympiade Nasional, kata Edwin.

Diungkapkan Edwin, Yehezkiel Lumbangaol yang duduk di kelas 8 SMP Methodist Pematangsiantar ini, dikenal siswa yang tekun dan jenius. Ia acapkali memenangkan banyak Olympiade, seperti peraih medali emas di Olympiade IPA POSI, USU dan SCE Medan, hingga meraih juara 2 IPA SMA Del Laguboti dan banyak lagi prestasi lainnya.

“Walaupun Edwin meraih berbagai prestasi, namun ia tetap memiliki kerendahan hati dan pergaulan yang sama seperti teman-teman lainnya,” sebut Edwin.

Hal senada juga diungkapkan para guru pembimbing Olympiade Yehezkiel, diantaranya, Destu Lumbangaol, Olga Sirait dan Dewi Tampubolon, yang selama kurang lebih 2 bulan berjibaku mempersiapkan Yehezkiel memenangkan Olympiade tersebut. Menurut mereka, Yehezkiel adalah siswa yang sangat haus dan termotivasi untuk kemajuan pendidikannya.

“Dia seperti sponge, yang menyerap apa saja yang diberikan kepadanya dan tetap tidak pernah merasa cukup,” ujarnya.

Atas prestasi Yehezkiel menjadi perwakilan Sumut ke Olympiade Nasional, kedua orangtuanya Binahar Lumbangaol dan Tetty Sinambela berterimakasih kepada Tuhan yang mengijinkan semua terjadi terhadap diri anak mereka.

Dan itu tidak terlepas atas dukungan dan bimbingan dari pihak sekolah. Untuk itulah mereka mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar yang sudah menyelenggarakan Olympiade Kota sebagai awal penyisihan Olympiade Nasional yang sudah dilakukan dengan baik.

“Kiranya Yehezkiel dan juga kedua siswa SMP Pematangsiantar lainnya bisa berprestasi dan membawa harum bagi kota Pematangsiantar,” harapnya. (REL)