Mantap! PLN Terangi Beberapa Dusun di Tobasa

oleh
Manajer UP3 PLN Sibolga, Poltak Samosir bersama dengan Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat diuliso masyarakat dusun dalam acara listrik desa di Tobasa. (batakpost.com/ISt)

Tobasa, 10/4 (Batakpost.com)- Setelah awal Maret 2019, UP3 PLN (Persero) Sibolga dan UP2K Sumut meresmikan listrik desa di Dusun Sabaning dan Dusun Batu Sandar di Desa Lumban Rao Timur, Kecamatan Nassau, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara, kini PLN Kembali ‘memerdekakan beberapa dusun di Desa Dolok Meranti Tengah, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Tobasa.

Acara peresmian lisitrik desa itu disaksikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Tobasa beserta jajarannya, serta anggota DPRD Kabupaten Tobasa, PT Bajradaya Sentranusa, sdan para tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat, Sabtu (6/4).

Menurut Manajer UP3 PLN Sibolga, Poltak Samosir yang turun langsung ke lokasi bersama dengan Bupati Tobasa, mengungkapkan, bahwa PLN telah berkomitmen menjangkau pelayanan listrik sampai ke pelosok negeri. Dan khususnya untuk dusun dan desa di wilayah UP3 PLN Sibolga diharapkan tahun 2019 ini 100 persen sudah terang.

“Dengan adanya MoU PLN dengan Pemkab Tobasa menjadi komitmen kami dengan Pemkab Tobasa untuk memberikan pelayanan listrik kepada masyarakat Tobasa. Karena Pemkab Tobasa selalu getol menindaklanjuti isi MoU itu. Kita juga berharap agar daerah lain yang sudah mengikat kerjasama MoU dengan PLN, berkomitmen menfasilitasi akses menuju lokasi agar dapat dijangkau PLN,” terang Poltak, Rabu (10/4) di Sibolga.

Poltak mengakui, bahwa dukungan masyarakat sekitar dan juga Pemkab Tobasa sangat membantu pihak PLN memasang jaringan ke dusun tersebut. Karena tantangan dan medan menuju lokasi cukup berat. Namun dengan adanya kerjasama yang baik, semuanya bisa dilalui dan membuahkan hasil.

Sementara itu  rasa bangga dari masyarakat Desa Dolok Meranti Tengah atas masuknya listrik ke desa mereka menjadi sejarah yang luar biasa bagi warga. Karena dibenak mereka tidak mungkin bisa masuk litrik ke tempat mereka mengingat jauhnya lokasi dari Balige dan akses yang cukup sulit.

Dan sebagai ungkapan rasa syukur warga Desa Dolok Meranti Tengah kepada PLN dan Pemkab Tobasa serta semua stake holder yang sudah ikut terlibat, mereka memotong lembu untuk disantap bersama.

Pada saat itu juga Manajer UP3 PLN (Persero) Sibolga, Poltak Samosir diulosi masyarakat dan juga Manajer UP2K Sumut, Tumpal Hutapea bersama dengan Bupati.

Sebelum acara peresmian, PLN juga melaksanakan kegiatan Program UP2K mengajar ke sekolah. Adapaun sekolah yang tuju adalah SMP Negeri 3 Satu Atap, Dusun Jambu Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Tobasa. (RED)