Kuliah Umum Jhoni Allen Marbun di STP Sibolga

oleh
Anggota DPR-RI Jhoni Allen Marbun. (Ist)

Sibolga, 26/2 (Batakpost.com)- Jhoni Allen Marbun anggota Komisi V DPR RI kunjungi Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Sibolga, Sumatera Utara, baru-baru ini.

Kedatangan Jhoni Allen ke kamput perikanan Sibolga itu untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STP Sibolga. Dalam kuliah umumnya, Jhoni Allen memberikan materi pembangunan ekonomi berbasis sumber daya manusia.

Dalam acara itu politisi Demokrat ini memberikan motivasi bagaimana kunci meraih sukses sebagai seorang mahasiswa perikanan untuk membangun Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah.

“Apalagi bidang perikanan ini adalah bidang yang sangat luar biasa untuk masa depan bangsa dan Negara, karena sumber daya ikan di Indonesia sangat melimpah,” sebut Jhoni Allen.

Jhoni Allen juga menyampaikan pemahaman penting bagi para mahasiswa untuk memiliki visi dan meningkatkan keahlian, serta dapat bermanfaat buat orang lain terlebih buat bangsa dan Negara.

“Jadi saya memberikan motivasi supaya mahasiswa SPT Sibolga dapat berguna bagi diri sendiri dan berguna bagi bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Jhoni Allen menerima keluhan bahwa STP Sibolga kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

“Pendidikan itu menjadi tanggung jawab pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan dukungan dan fasilitas sesuai dengan kemampuan. Kalau tidak bisa dari APBD, usulkan ke provinsi atau ke pemerintah pusat,” ungkapnya.

Jhoni Allen menambahkan, selain akan membantu menyampaikan aspirasi mahasiswa STP Sibolga ke pemerintah pusat, ia juga akan mendorong pembangunan perumahan nelayan di Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk itu pemerintah daerah juga diminta untuk berperan aktif mengusulkan pembangunan perumahan nelayan.

“Saya tidak mengerti kenapa tidak ada permintaan pembangunan rumah-rumah khusus nelayan di Sibolga-Tapteng. Diminta saja belum tentu dikasih, apalagi tidak diminta. Padahal ada Anggota DPR RI dari Dapil ini di sana,” ujarnya.

Sementara itu Ketua STP Sibolga, Lucien Pahala Sitanggang mengucapkan terima kasih atas kunjungan Jhoni Allen untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa STP Sibolga.

“Kehadiran Pak Jhoni Allen bukan secara kebetulan, tetapi sebuah perencanaan, dan ada rekomendasi dari tokoh pendidikan yang memilih STP Sibolga untuk dikunjungi oleh Anggota DPR RI, untuk dilakukan cek and balance di bidang pendidikan,” ucap Lucien.

Pada kesempatan itu, Lucien berharap kepada Jhoni Allen selaku Anggota DPR RI untuk menjembatani aspirasi mereka kepada pemerintah pusat.

“Kami menitipkan permohonan kami agar STP Sibolga tetap diperhatikan. Jadi, tadi Pak Jhoni Allen bilang, agar STP Sibolga menyampaikan permohonan langsung kepada DPR Komisi 10 yang membidangi pendidikan agar nanti dibantu untuk memfasilitasi kebutuhan STP Sibolga dihari mendatang,” ungkapnya.

Ketua STP Sibolga itu memaparkan, saat ini sebanyak 19 orang mahasiswa STP Sibolga sudah memperoleh beasiswa Bidik Misi. Sementara 24 orang lainnya menerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

“Dan ini mungkin akan bisa kita tingkatkan lagi jika STP Sibolga terus menunjukkan kemajuan dimasa mendatang,” paparnya. (RED)