Tim PORA Kecamatan Se-Kota Sibolga Dibentuk

oleh
Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang foto bersama dengan Kepala Imigrasi Sibolga dan Dandoim 0211/TT, Jimm dalam acara Rakor pembentukan Tim Pora Imigrasi Sibolga, Rabu (13/2). (batakpost.com/Ist)

Sibolga, 13/2 (Batakpost.com)-Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Kecamatan Se-Kota Sibolga dibentuk dalam Acara Rapat Koordinasi Tim Pora Kota Sibolga dan Pembentukan Tim Pora Tingkat Kecamatan yang diadakan di Aula Hotel CN Darussalam, Sibolga (13/2).

Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Sibolga yang diwakili oleh Wakil Walikota Sibolga, Edi Polo Sitanggang. Kalau sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan dibentuknya Tim Pora Tingkat Kecamatan di Sibolga ini diharapkan kondusifitas Kota Sibolga semakin terjaga.

“Sibolga bangga dengan telah dibentuknya Tim Pengawasan Orang Asing ini pada tingkat yang lebih spesifik, tingkat kecamatan. Jadi, saya himbau para Camat bahkan Lurah dapat berperan aktif dalam Tim Pora ini,” tuturnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga yang juga sekaligus Ketua Tim Pora, Samuel P. Panggabean berharap pengawasan orang asing dapat semakin efektif di Kota Sibolga.

“Saya berharap Bapak dan Ibu sekalian, serta perangkat daerah kita dapat saling bekerjasama terkait pengawasan orang asing di Kota Sibolga” tandasnya.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian yang juga Sekretaris Tim Pora Kota Sibolga, Anton Purnomo Hadi dalam materi diskusi menyampaikan peran Anggota Tim Pora adalah menganalisa dan mengevaluasi data/informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan orang asing serta membuat peta pengawasan orang asing.

“Peran anggota Tim Pora diatur dalam Pasal 15 ayat (2) huruf (c) Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 50 Tahun 2016. Tim Pora diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,” ucap Anton dalam penyampaian materi diskusi yang dimoderatori Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Heryansyah Daulay.

Disamping dihadiri oleh Wakil Walikota Sibolga, turut hadir Dandim 0211/TT, Letkol Infanteri Jimmy Rihi Tugu, Lanal Sibolga, Polres Sibolga, Kemenag, serta Instansi Perangkat Daerah Kota Sibolga. (REL)