Sebanyak 55 Relawan Demokrasi KPUD Tapteng Dibekali

oleh
Relawan Demokrasi KPUD Tapteng foto bersama dengan Komisioner KPUD Tapteng usai dikukuhkan dan dibekali. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 20/1 (Batakpost.com)- Bertempat di Toba Room PIA Hotel Pandan, KPUD Tapanuli Tengah melakukan pembekalan dan Bimbingan Tehnik (Bimtek) kepada 55 Relawan Demokrasi (Relasi). Para Relasi yang dibimtek ini merupakan hasil rekrutmen KPU Tapteng dari ratusan peserta Relawan Demokrasi yang mendaftar.

Adapun tujuan dari Bimtek yang dilakukan KPU Tapteng, untuk menjelaskan tugas pokok serta kode etik yang wajib dipatuhi oleh Relawan Demokrasi. Selain itu juga, langkah-langkah dan sasaran yang harus dikerjakan para Relasi.

“Mengingat begitu pentingnya tugas dari Relasi ini, kami dari KPU Tapteng wajib membekali mereka, agar dalam menjalankan tugasnya bisa optimal, terukur dan tepat sasaran. Dan setelah melihat hasil Bimtek selama satu hari, ada rasa optimis bahwa jumlah pemilih di Tapteng akan meningkat dengan peran para Relawan Demokrasi ini,”kata Ketua KPUD Tapteng, Timbul Panggabean saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Minggu (20/1) pagi.

Menurut Timbul, jiwa kebersamaan dan antusias Relasi yang mengikuti Bimtek sangat baik. Dan itu menjadi salah satu cerminan akan hasil kinerja mereka nantinya.

Ketua KPUD Tapteng Timbul Panggabean (baju hitam) bersama dengan 3 orang komisioner KPUD Tapteng saat memberikan pembekalan kepada 55 Relasi di PIA Hotel Pandan, Sabtu (19/1). (batakpost.com/HAT)

“Semua peserta Relasi tampak semangat dan antusias serta aktif bertanya. Kami dari KPU merasa bangga dengan keaktifan dan kekompakan para Relasi ini. Sehingga kami berkeyakinan bahwa 55 Relasi yang dibimtek ini tidak salah pilih”ujarnya.

Senada dengan itu, Fery Yosha Nasution selaku Divisi Sosial dan Partisipasi Masyarakat menjelaskan, dari 55 Relasi yang sudah dikukuhkan, dibagi dalam 11 basis pemilih strategis. Yakni basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, warga internet atau netizen dan relawan demokrasi.

“Dalam Bimtek yang kita lakukan Sabtu (19/1), para Relasi sudah kita bekali kemampuan mereka, dan juga tata cara memecahkan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Demikian juga pengetahuan mereka akan kepemiluan sudah kita bekali. Harapan kami dari KPUD Tapteng, kehadiran para Relasi ini mampu mendukung program dari KPU untuk meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam Pemilu Tahun ini. Apalagi luas dari Kabupaten Tapanuli Tengah ini 20 kecamatan, dibutuhkan kerja keras dari teman-teman Relasi. Dan saat Bimtek, kita semua sudah sepakat saling menopang untuk memberikan penjelasan dan ajakan kepada masyarakat untuk ikut memilih,”jelasnya.

Sementara itu para Relasi berkomitmen apa yang menjadi tugas mereka sebagaimana diamanatkan KPU akan dikerjakan sebaik mungkin.

“Kami sudah berkomitmen akan menjalankan tugas kami sebaik-baiknya. Dengan demikian tujuan dibentuknya Relasi ini dapat tercapai dan tetap sasaran,”ujar para Relasi.

Selain dihadiri Ketua KPUD Tapteng, kegiatan ini juga turut dihadiri dua komisioner KPUD Tapteng, yakni Jonas Benard Pasaribu dan Azwar Sitompul. (HAT)