Situasi di Sibolga-Tapteng Aman Terkendali Pasca Isu Tsunami

oleh
Aktivitas masyarakat di Sibolga-Tapteng yang aman terkendali pasca isu tsunami yang terjadi di kedua daerah. (Ist)

Tapteng, 10/1 (Batakpost.com)- Kondisi masyarakat di kedua daerah Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Pasca isu tsunami yang menggemparkan warga, dalam kondisi aman dan terkendali.

Hal itu terlihat dari kondisi masyarakat dan juga ativitas warga yang melakukan kegiatan seperti hari-hari biasanya.

Walaupu aktivitas warga berjalan normal namun kejadian yang mengebohkan Kamis (10/1) dini hari menjadi perbincangan hangat warga.

Beragaman alasan masyarakat terkait isu yang langsung menyulut kepanikan warga. Salah satunya peristiwa tsunami Nias dan Aceh yang terjadi tahun 2004 lalu. Dimana rasa trauma masyarakat masih melekat akan peristiwa itu.

“Wajar masyarakat langsung panik ketika mendengar isu tsunami itu. Karena waktu peristiwa gempa dan tsunami Nias dan Aceh, masyarakat Sibolga dan Tapteng cukup merasakan dampaknya. Warga juga langsung berhamburan menyelamatkan diri. Jadi persis seperti kejadian tadi pagi, warga langsung panik dan mencari tempat yang lebih tinggi. Jadi terlepas benar atau tidak akan ada tsunami, rasa trauma masyarakat masih melekat,”kata Rahmad Tanjung warga Pandan.

Untuk itulah masyarakat kedua daerah meminta kepada aparat kepolisian agar mengusut siapa pelaku yang menyebar informasi bohong itu, agar ada efek jerah. Karena kalau isu tsunami yang mainkan warga pasti langsung panik karena rasa trauma itu.

“Bersyukur tidak ada kejadian tadi pagi, karena warga sudah berhamburan menyelamatkan diri masing-masing. Kasihan para orangtua yang memaksa anaknya yang masih kecil dan bayi untuk mengungsi. Bahkan ada ibu yang baru melahirkan ikut dilarikan,”ungkap Lidia Sitompul warga Tukka, Kamis (10/1) sore.

Selain aktivitas warga dan perkantoran yang normal, proses belajar dan mengajar juga berlangsung normal di kedua daerah. Pihak keamanan menghimbau masyarakat agar jangan mudah terprovokasi dengan setiap informasi yang belum jelas sumbernya.

Sementara itu kondisi cuaca saat malam ini di Pandan, Tapanuli Tengah sedang hujan keras. (HAT)