ES dan TN, Muncikari Artis yang Bisa Bikin Pelanggan Bergetar

oleh
ES dan TN, Muncikari Artis yang Bisa Bikin Pelanggan Bergetar Muncikari di kasus prostitusi online (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)

Jakarta- Muncikari ES dan TN diamankan bersamaan dengan terungkapnya kasus prostitusi online yang melibatkan artis Vanessa Angel. Polisi menyebut keduanya bukanlah muncikari biasa.

ES dan TN selalu meminta bertemu langsung terlebih dulu dengan calon pelanggannya. Kemudian, calon pelanggan diminta uang muka 30 persen.

“TN dan ES adalah muncikari yang berbeda dengan yang lain. ES dan TN bukan muncikari biasa. Dia itu transaksi face to face dengan pelanggan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (8/1).

“Dia yang menyiapkan hotelnya. Dia yang menunggui konsumen dengan penjual jasa itu,” imbuhnya.

Polisi menyebut ES Endang Siska (73) memang memiliki jaringan langsung ke oknum artis. Sementara TS lebih kepada model majalah dewasa hingga iklan.

“Yang ES ini memang langsung berhubungan dengan oknum artis. Yang T dia yang dari model FHM, populer ini ada 100 nama dari majalah populer, iklan, dan lain-lain,” ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat rilis, Senin (7/1).

Handphone milik ES dan TN kemudian ‘diobok-obok’ oleh polisi untuk mencari informasi lebih jauh. Termasuk informasi mengenai percakapan apa saja yang telah dilakukan ES dan TN dengan pelanggannya dan dimana saja transaksi prostitusi dilakukan.

Keberadaan handphone ini bisa jadi alat bukti yang kuat karena seluruh kegiatan yang berkaitan dengan prostitusi artis ini serba digital.

“Dari situ akan terbongkar percakapan pada siapa saja, transaksi dimana saja, kemudian yang ketiga apa yang dibicarakannya. Semua akan terungkap di situ,” ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (8/1).

Tak hanya memiliki sistem yang berbeda dalam menawarkan jasa prostitusi artis, polisi juga menyebut ES dan TN hapal dengan klien atau pengguna jasa yang mereka tawarkan.

“Sehingga dia tahu betul, ES dan TN tahu betul siapa pelanggannya. Ketika ES dan TN dimunculkan di depan sini (depan wartawan, red) akan menggetarlah semua pelanggannya,” ujar Kombes Frans, Selasa (8/1).

Kini polisi masih menunggu selesainya pemeriksaan handphone kedua muncikari. Barung menuturkan jika datanya telah keluar maka akan terlihat siapa saja yang memesan hingga nama-nama artis dan model yang dipesan.

“Dari situ akan terjawab, siapa saja penggunanya akan terlihat. ES tahu betul siapa-siapa pelanggannya, siapa-siapa yang dilayani dengan data yang sudah disampaikan,” katanya. (dtc)