Januari 2019 Proyek Berbiaya Rp170 Miliar Ini Siap Beroperasi

oleh
Kondisi proyek terminal Pelabunan Sibolga yang sudah hampir rampung. (batakpost.com/Ist)

Sibolga, 30/12 (Batakpost.com)-Ditargetkan proyek pembangunan terminal pelabuhan Sibolga akan selesai akhir Januari 2019. Dengan demikian proyek berbiaya Rp 170 miliar itu akan siap dioperasikan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Supervisor Lapangan PT PP Tbk, Juarto ketika dikonfirmasi wartawan, kemarin menyebutkan, pihak saat ini tinggal tahap finishing.

Menurutnya, pada tahap awal proyek ini, pemerintah pusat melalui PT Pelindo telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp170 miliar.

Selanjutnya masih akan ada pengerjaan tahap berikutnya (tahap kedua) untuk interior (bagian dalam) ruangan bangunan terminal pelabuhan.

“Cuma kapan tahap kedua ini, kita belum tahu,” ujarnya.

Pembangunan ini merupakan proyek strategis Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan dikerjakan setelah proses ground breaking pengembangan Pelabuhan Sibolga pada 2016 silam. Bahkan Presiden turun langsung ke Sibolga untuk melakukan ground breaking.

General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga, Agust Deritanto, menjelaskan terminal Pelabuhan Sibolga tersebut dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi.

Terminal ini dibangun mirip bandara, di dalam bangunan ada ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk Syahbandar, Imigrasi, Kesehatan, Karantina, ruang loket dan lainnya.

“Termasuk ruang untuk merokok dan swafoto (selfi) di lantai III,” ujarnya.

Nantinya, semua penumpang wajib melalui Garbarata (tangga belalai) atau jembatan langit (fly over) yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke dermaga pelabuhan.

Menurut Presiden Jokowi sewaktu turun ke Sibolga melakukan ground breaking tahun 2016 lalu, menyebutkan, dengan hadirnya Terminal Pelabuhan Sibolga akan memutus jarak angkut yang cukup panjang selama ini untuk wilayah Sibolga dan kawasan Tapanuli. Dengan demikian peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di kawasan Tapanuli akan meningkat dan inflasi akan terkendali dengan baik. (REL)