‘Pilkada Bukan Pesta Ketakutan Melainkan Pesta Sukacita’

oleh
Ibdah Perayaan Natal Nasional 2018 di Medan. Sabtu (29/12). (batakpost.com/Ist)

Medan, 29/12 (Batakpost.com)- Perayaan Natal Nasional umat Kristiani tahun 2018 yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Pemprovsu, Jalan Williem Iskandar No 9, Medan, Sabtu (29/12) dilayani oleh Ephorus dari Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), Tuhony Telaumbanua, sebagai pembawa firman.

Adapun yang menjadi tema perayaan Natal Nasional kali ini adalah “Yesus Kristus Adalah Hikmat Bagi Kita” yang diambil dari Kitab (Korintus 1:30a).

Dalam khotbahnya Ephorus BNKP ini menekankan makna Natal sebagai wujud perdamaian dan persatuan. Dimana dengan hikmat yang dari Allah kesatuan dan persatuan anak-anak bangsa harus dipertahankan dan diperjuangkan.

Selain menekannya persatuan dan kesatuan, Ephorus juga meminta agar dalam pelaksanaan Pilkada dan Pemlihan Presiden secara sertentak tahun 2019 dijadikan pesta sukacita bukan menjadi pesta ketakutan. Dijadikan pesta suka cita bukan menjadi pesta kebencian.

“Dengan hikmat yang dari Allah kita pilih siapa yang mejadi wakil kita memimpin bangsa ini. Dengan hikmat Allah kita lawan pemberitaan bohong atau hoaks. Dengan hikmat Allah kita perjuangkan keadilan. Dengan hikmat Allah kita perangi korupsi dan juga ajaran-ajaran yang mengancam keutuhan bangsa ini. Dengan hikmat Allah kita dipanggil untuk membangun demokrasi berazaskan Pancasila dalam bingkai NKRI.”Tandasnya.

Ephorus juga mengukutip sambutan Presiden RI Gusdur sewaktu menghadiri perayaan Natal Nasional tahun 1999. Dimana kala itu Gusdur mengatakan Indonesia akan terus sebagai bangsa walaupun berbeda-berbeda keyakinan. Dan keyakinan tidak bisa menceraiberaikan kita,katanya.

“Saya masih ingat sambutan beliau (Gusdur) dan itu harus tetap kita pertahankan,”tegas Tuhony Telaumbanua.

Sementara itu tata ibadah perayaan Natal ini merupakan perpaduan tradisi ibadah mulai dari tradisi gereja Lutheran, Romawi, Ortodoks, taridisi Pentakostal. Ibadah ini sangat meriah dengan iringan musik Orkestra dari Universitas HKBP Nommensen Medan.

Unutk hiburan Natal akan dimeriahkan oleh paduan suara anak dan sejumlah artis. Diantaranya, Tio Fanta Pinem, Olivia Pardede, Rani Simbolon, Amat Amigos, Rita Butarbutar, Berlian Hutauruk, dan Dipo Pardede. Tak lupa pula pertunjukan medley lagu dari berbagai etnis di Sumatera Utara.

Pelaksaan ibadah perayaan Natal Nasional 2018 ini disiarkan secara langsung melalui facebook Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom. (RED)