Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Phuket?

oleh
Sumber:wisatathailand.id (Pantai Patong)

Sebuah pulau indah menawan yang sangat dikenal di seantero dunia. Tak hanya  menjadi jujugan wisatawan domestik, banyak wisatawan dunia yang juga penasaran untuk melihat langsung keindahan Phuket dan pantai-pantainya. Karena keindahan dan keelokan yang dimilikinya, pulau ini setiap tahun tidak pernah sepi pengunjung. Bila sedang punya waktu untuk berlibur ke Thailand, kira-kira adakah waktu terbaik untuk mengunjungi Phuket?

Sebelumnya, berlibur tentunya butuh perencanaan yang matang agar lebih berkesan dan pastinya hemat waktu dan tenaga. Terutama bila berlibur ke luar negeri, ke negara yang memiliki banyak sekali destinasi favorit. Jangan sampai waktu dihabiskan untuk mencari-cari tempat mana yang akan dikunjungi, saat berada di negara tujuan. Begitu pula saat menentukan maskapai mana yang akan digunakan, bila datang bersama keluarga, Garuda Indonesia bisa menjadi pilihan. Terbang dengan nyaman dan pelayanan terbaik, membuat liburan tidak terasa merepotkan lagi.

Datang Saat Cuaca Panas ( November – Februari)

November adalah masa dimana musim hujan telah berakhir, dengan suhu rata-rata 25°C yang cukup nyaman. Pada bulan-bulan ini lah para wisatawan datang untuk berlibur ke Phuket. Destinasi favorit bila datang di bulan ini adalah menuju pantai pantai cantik seperti Patong, Kata, Karong, Kamala dan Surin. Menikmati laut yang tenang dengan mencoba aktivitas water sport pastinya menyenangkan. Dapatkan selfie terbaik di pantai-pantai indah tersebut. Bila malam datang, akan ada banyak pesta bagi pecinta kehidupan malam.

Datang Saat Cuaca Lebih Panas ( Maret – Pertengahan Mei)

Ini adalah periode dimana Phuket menjadi lebih panas sebelum datangnya monsoon, dengan suhu rata-rata 30°C. Namun ini adalah waktu terbaik bila ingin mengikuti festival Songkran, yang merupakan perayaan tahun baru dengan cara yang cukup unik. Banyak kegiatan yang dilakukan saat festival yang berlangsung di bulan April ini, dan yang menjadi favorit adalah perang air yang melibatkan hampir semua penduduk lokal dan tentunya para wisatawan.

Datang Saat Musim Penghujan ( Pertengahan Mei – Oktober)

Bila ingin menghemat biaya akomodasi, datanglah di periode bulan ini. Ketika monsoon, kelembapan udara di Phuket sangat baik dengan suhu rata-rata 28°C-29 °C. Seluruh biaya berlibur lebih murah di musim ini, begitu pula dengan jumlah wisatawan yang berkunjung lebih sedikit. Mei, September dan Oktober menjadi bulan dengan curah hujan paling tinggi. Meski jarang terjadi hujan lebat yang panjang, dan ombak laut yang besar serta perubahan cuaca yang tak menentu, berlibur ke Phuket masih bisa dinikmati. Karena tak hanya pantai saja, masih ada banyak tempat dan aktivitas seru di pulau ini.

Sedikit tips saat berlibur di Phuket, untuk urusan transportasi ada banyak sekali pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget. Taksi menjadi yang paling mudah untuk ditemui. Ada juga Tuk Tuk roda tiga yang menjadi kendaraan umum di kota Phuket dan Patong, sebaiknya menawar ongkos lebih dahulu sebelum menaikinya. Berikutnya Songthaew kendaraan umum dari mobil pikap yang disulap menjadi angkot memiliki tarif ongkos lebih murah namun seperti angkot di Indonesia kendaraan ini cukup lambat.

Jika tertarik untuk mengunjungi Phuket, waktunya memesan tiket Garuda Indonesia mulai dari sekarang, ya! Sebab jika memesan dari jauh-jauh hari, harga tiket pesawat jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memesan secara mendadak. Selamat berlibur, selamat menikmati keindahan Phuket. (RED)