oleh

Isak Tangis Iringi Pemakaman Letkol CPM Dono di Taman Makam Bahagia Bogor

-Nasional-1.995 views

Bogor – Isak tangis mengiringi proses pemakaman Letkol CPM Dono Kuspriyanto yang menjadi korban penembakan di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada Selasa malam.

Jenazah anggota TNI AD itu dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia Dreded Bondongan Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/12/2018) siang.

Pemakaman berlangsung sekitar pukul 13.45 WIB, setelah sebelumnya dishalatkan di Masjid At Taqwa TNI AU, Semplak.

Upacara militer dipimpin langsung oleh Komandan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, diikuti oleh satu satuan setingkat kompi (SSK) anggota TNI dari semua matra.

Hadir dalam upacara pemakaman tersebut pejabat TNI dan Polri, di antaranya Irjen TNI Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra, Kabareskrim Komjen Pol Arief Sulistyo, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, rekan-rekan seangkatan almarhum Akmil angkatan 87.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga menyempatkan diri melayat ke rumah duka di wilayah Semplak.

Dalam upacara pemakaman disebutkan Letkol Dono meninggal di Jakarta pada hari Selasa (25/12) pukul 23.25 WIB dalam tugas. Sebelum meninggal, Letkol Dono menjabat sebagai Kabag Penyelidikan Kriminal dan Pengamanan Fisik, Pusat Polisi Militer AD, Jakarta.

Upacara militer berlangsung dengan tembakan sebanyak dua kali oleh anggota TNI. Sementara itu Komandan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto saat membacakan sambutan terisak dan mencoba menahan tangisnya. Rudi mengatakan, upacara ini sebagai penghargaan pemerintah terhadap jasa Letkol Dono sepanjang hidupnya.

“Musibah ini sangat mengagetkan dan menjadi peringatan untuk kita semua,” kata Rudi yang juga teman satu angkatan Alami 87 dengan almarhum.

Sementara itu, Dikyo adik bungsu almarhum mewakili pihak keluarga mengatakan ikhlas atas kepergian almarhum yang dikenal sangat bertanggung jawab di keluarga. “Keluarga ikhlas, tapi proses hukum tetap berjalan,” kata Dikyo.

Sebelumnya diberitakan, Kapendam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/12/2018) menegaskan penembakan terhadap anggota TNI AD Letnan Kolonel (Letkol) CPM Dono Kusprianto di Jatinegara, Jakarta Timur, pada Selasa (25/12) malam, murni sebuah tindakan kriminal dan tidak terkait dengan isu lain.

“Kami berharap masyarakat bersabar, kami akan melakukan penyelidikan lebih dalam apa motivasinya. Tidak diasumsikan bermacam-macam karena ini kriminal murni,” kata Kapendam Jaya Kristomei Sianturi. (mitrapol.com/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed