Apa Yang Dilakukan Duta Pariwisata Tapteng dan Uning Ogek Sibolga di Tengah Jalan Ini?

oleh
Aksi duta Pariswisata Tapteng dan Sibolga untuk menggalang Dana bagi korban kebakaran Sibolga, Rabu (26/12). (batakpost.com/HAT)

Sibolga, 26/12 (Batakpost.com)- Ada yang berbeda tadi pagi di Jalan Lintas Sumatera Sibolga-Pandan. Dimana sejumlah pria tampan dan gadis-gadis cantik berdiri di tengah jalan sembari memegang kardus dan menyodorkan kepada pengguna jalan.

Setelah didekati, ternyata mereka adalah Duta Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah dan Duta Pariwisata Kota Sibolga yang sering disebut sebagai Uning dan Ogek, sedang berpartisipasi mengumpulkan dana untuk korban kebakaran yang terjadi di Kota Sibolga, Senin (24/12) malam.

Dengan menggenakan selempang yang bertuliskan finasli Pariwisata, mereka dengan ramah memohon kepedulian dari masyarakat pengguna jalan.

“Mohon maaf bapak, mohon maaf ibu, mohon diberikan bantuannya untuk korban kebakaran yang terjadi di Sibolga,”itulah yang mereka sampaikan kepada para pengguna jalan. Masyarakatpun termasuk respon dengan aksi tersebut, dengan memberikan sumbangan.

Menurut Effendi salah satu duta Pariwisata Tapteng menuturkan, bahwa niat untuk melakukan penggalangan dana bagi korban kebakaran itu didasari keprihatinan mereka sesama duta wisata di kedua daerah atas musibah yang dialami para korban. Ide itupun disampikan ke Dinas Pariwisata masing-masing dan mendapat dukungan.

“Awalnya ide itu timbul dari niat kami masing-masing, dan didukung oleh Dinas Pariwisata. Kamipun berbagi tugas, untuk wilayah Tapteng kamilah yang mengumpulkan, sedangkan untuk wilayah dikumpulan Uning-Ogek,”terang Effendi, Rabu (26/12)

Diakuinya, respon dari masyarakat pengguna jalan cukup baik, walaupun ada juga yang kurang peduli. Dan hasil yang terkumpul dalam aksi ini akan kami serahkan ke posko bantuan korban kebakaran Sibolga.

“Ini sebagai bentuk partisipasi dan rasa peduli kami atas derita yang dialami saudara kita yang kehilangan tempat tinggal, karena peristiwa kebakaran hebat yang terjadi kemarin. Kiranya para korban dapat tabah menghadapi ujian berat ini,”katanya.

Aksi penggalangan dana inipun dilakukan di dekat tugu beo Sibolga dan dekat gapura perbatasan Sibolga-Tapteng.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Pancuran Bambut, Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga. Akibatnya 43 unit rumah habis terbakar dan 65 Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal, dan 261 jiwa terpaksa mengungsi di Posko Terpadu yang didirikan Pemko Sibolga bersama dengan TNI Polri. (RED)