Inilah 10 Boru Batak Pemain Tagading atau Gondang Batak

oleh
Borut Batak Pemain Tagading atau Gondang Batak. (Int)

Tagading atau Gondang Batak yang menjadi ciri khas dalam musik Batak belakangan ini semakin banyak pegangumnya. Kalau jaman dulu alat musik ini adalah permainan kaum lelaki, Namun seiring kemajuan zaman dan rasa cinta masyarakat Batak akan alat musik tradisionalnya, kalangan kaum hawa atau perempuan sudah ikut bergabung dan meminati permainan alat ini.

Hal itu terlihat jelas dalam acara pesta adat Batak atau musik Batak, sudah banyak kaum perempuan yang menjadi pemain Gondang atau Tagading. Kehebatan mereka memainkan alat tersebut tidak ada ubahnya seperti permainan kaum lelaki.

Bahkan para pemilik usaha keyboard sudah banyak memanfaatkan jasa para kaum hawa ini menjadi pemain Tagading. Karena menjadi daya tarik tersendiri.

Saat ini juga kalangan gereja memberikan pelatihan kepada remaja Batak untuk bermain Tagading. Itu dapat ditemui di beberapa gereja di kota-kota besar, bahkan anak SD sudah terarik belajar alat musik ini.

Semakin menariknya permainan Gondang Batak ini, para pelatih atau tentor Gondang Batak semakin banyak menyediakan unggahan video cara bermain Gondang Batak. Melalui tutorial mereka, para pemain Gondang Batak ini mencoba menularkan ilmu mereka, agar semakin orang Batak yang bisa memainkan Gondang Batak demi melestarikan budaya leluhur.

Bahkan tempat-tempat les musik pun sudah mulai melirik alat musik ini. Seperti Pandan Les Music yang beralamat di Jalan Junjungan Lubis Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Dimana di tempat ini disediakan les musik Gondang Batak, mulai dari main Tagading atau Gondang Batak, Sarune, Seruling yang diasuh oleh Martahan Situmorang selaku mentor.

Boru Batak Pemain Tagading atau Gondang Batak. (Int)

Kali ini pun batakpost.com menyanyikan 10 Pemain Gondang Batak atau Tagading sebagaimana dilansir dari GoBataktv

  1. Sinta Dewi Fransisca Simamora. Gadis cantik ini menjadi idola netizen karena kemahirannya mengebuk musik Gondang Batak ini. Sepertinya gadis Batak ini berdomisili di Jakarta.
  2. Triastita Isaura Erika Simbolon. Jika dilihat dari video chanel youtobe Triastia terlihat jelas dia terlibat dalam permainan Tagading ini dalam acara pesta bersama grup keyboard.
  3. Yus Tobing.  Sama halnya dengan Triatita, Yus Tobing juga sepertinya ikut dalam group musik.
  4. Boru Simanjuntak dan Sidabutar. Kedua pemain tagading ini adalah remaja HKBP Sudirman Jakarta
  5. Ella Sianturi. Dia masih duduk dibangku SD ketika berlatih di HKBP Pulo Mas, Jakarta beberapa waktu lalu.
  6. Sama halnya dengan Ella, dia juga masih duduk dibangku SD sewaktu berlatih di HKBP Pulo Mas, Jakarta
  7. Regina Princesa Sitohang. Gadis cantik berusia 19 tahun ini cukup mahir memainkan gondang Batak, selaras dengan kecantikan wajahnya.
  8. Boru Gultom. Gadis manis ini juga jago bermain gondang dan tinggal di Jakarta. Sepertinya dia bukan bergabung dalam grup musik, namun lebih sering tampil diacara gereja-gereja.
  9. Bayu Napitupulu. Selain hebat bermain tagading, Bayu juga bisa bermain alat musik keyboard dan bergabung dengan grup musik.
  10. Agry Arios. Dilihat dari chanel yotubernya, wanita Batak ini sering tampil diacara pesta adat Batak.Sepertinya dia ikut bergabung dalam grup musik Batak.

Itulah 10 boru Batak pemain Tagading atau Gondang, dan diyakini masih banyak lagi boru Batak yang lain yang jago bermain Tagading. Mari kita lestarikan musik tradisional kita ini. Horas, maju terus gondang Batak. (RED)