Kolaborasi Tarian dan Iringan Mini Orchestra Sukseskan Natal SMAN 2 Tukka

oleh
Kepala Sekolah SMAN 2 Tukka, Faisal saat menyalakan lilin dalam perayaan Natal Keluarga Besar SMAN 2 Tukka di HKBP Hutanabolon, Kamis (12/12) yang disaksikan Guru Agama Kristen, Seriati Ginting, dan Ketua Panitia Natal, Siadari. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 13/12 (Batakpost.com)- Perayaan Natal Keluarga Besar SMAN 2 Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, berlangsung sukes dan penuh sukacita. Rasa bangga dan kegembiraan para anak didik SMAN 2 Tukka ini bersama dengan para gurunya terlihat jelas, ketika rangkaian kegiatan berhasil dituntaskan dengan sempurna.

Untuk tahun ini panitia Natal SMAN 2 Tukka memilih HKBP Hutanabolon menjadi tempat perayaan Natal mereka, Kamis (12/12). Dengan tema ‘Hendaklah Sinarmu Itu Bercaya’ keluarga besar SMAN 2 Tukka menunjukkan kemampuannya mendidik para generasi penerus bangsa dengan keahlian yang dimiliki para gurunya.

Siswa SMAN 2 Tukka saat memerankan proses penciptaan manusia pertama Adam dan Hawa, melalui gerakan tari dan musik. (batakpost.com/HAT)

Tidak ketinggalan semangat dan dorong yang diberikan Kepala Sekolah SMAN 2 Tukka yang baru, Faisal turut mensukseskan penambilan anak-anak SMAN 2 Tukka.

Dalam bimbingannya sang kepala sekolah mengajak seluruh keluarga besar SMAN 2 Tukka untuk saling membahu mencerdaskan para anak didik. Dan salah satu moment untuk mendidik ahlak anak-anak, dengan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan seperti yang dilaksanakan dalam perayaan Natal kali ini.

“Saya bangga melihat kekompakan dan kemampuan anak-anakku sekalian. Hendaknyalah kemampuan dan kerjasama yang baik ini terus kita kembangkan sesuai dengan motto kita, SMAN 2 Tukka, Maju, Cerdas dan Bermartabat. Dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada para guru-guru dan panitia yang sudah bekerja maksimal untuk menyusun kegiatan Natal ini sehingga tampil dengan sempurna dan penuh kreasi. Atas nama Kepala Sekolah SMAN 2 Tukka dan atas nama keluarga, saya mengucapkan Selamat Natal dan Menyambut Tahun Baru buat keluarga besar SMAN 2 Tukka,”kata Fasial dalam sambutannya.

Para pemain Tamborin siswa SMAN 2 Tukka saat membawakan tarian dalam perayaan Natal SMAN 2 Tukka. (batakpost.com/HAT)

Perayaan Natal kali merupakan kolaborasi tarian dan musik yang dikemas dalam bentuk Mini Orchestra. Dimana prosesi liturgi ditampilkan dalam bentuk tarian dan iringan musik, sehingga jemaat terkonsentrasi mengikuti gerekan demi gerekan tanpa mengesampingkan pesan liturgisnya.

“Puji Tuhan kami sangat bangga melihat kerjasama dan kemampuan anak-anak kami ini. Dimana mereka sukses membawakan adegan demi adegan. Demikian juga para penari tamborin dan pemain music mini Orchestra cukup sempurna memadukan semua tarian dan gerak para penari,”kata Seriati Ginting, S.Th guru agama Kristen SMAN2 Tukka yang sekaligus sebagai Sutradara.

Iringan musik Semi Mini Orchestra binaan Lampos Hutabara selaku guru Seni bersama dengan anak-anaknya, saat mengiringi gerak dan tari dalam ibadah perayaan Natal SMAN 2 Tukka. (batakpost.com/HAT)

Ditambahkannya, setiap tahunnya SMAN 2 Tukka selalu mengambil style dan tema Natal yang berbeda. Dengan demikian semangat dan kemampuan anak-anak terus termotivasi untuk ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan SMAN 2 Tukka.

“Dalam kegiatan Ibadah yang kami laksanakan setiap hari Jumat di SMAN 2 Tukka, kita sudah kader anak-anak ini, sehingga tidak canggung lagi ketika mereka harus tampil membawakan konsep tarian dan juga paduan suara,”kata Seriati Ginting.

Hal senada juga disampaikan Lampos Hutabarat SPd, selaku guru seni musik di SMAN 2 Tukka. Menurutnya tema Natal yang mereka garap cocok untuk diiringi musik gaya Orchestra. Namun karena Musik Orchestra belum ada di Sibolga-Tapteng ini, sehingga terciptalah Semi Mini Orchestra SMAN 2 Tukka.

Kebersamaan guru-guru SMAN 2 Tukka yang turut hadir dalam perayaan Natal SMAN 2 Tukka. (batakpost.com/HAT)

“Kita berdayakan kemampuan anak-anak yang bisa bermain gitar, pianika, piano, keyboard, dan vocal. Akhirnya terciptalah seperti yang ada saat ini. Dengan demikian bakat-bakat dari anak-anak SMAN 2 Tukka sudah dapat kita salurkan sesuai dengan hobynya. Karena kebanggaan selaku guru, ketika anak-anak yang dididik mampu mengembangkan bakat dan talentanya sesuai dengan apa yang kita ajarkan,”kata Lampos.

Rasa bangga dan puas atas penampilan anak-anak SMAN 2 Tukka ini juga diungkapkan para orangtua murid. Mereka mengaku ada kebanggaan tersendiri melihat anak-anak mereka tampil dengan maksimal dibawah asuhan guru-guru SMAN 2 Tukka.

Selain suksesnya perayaan Natal SMAN 2 Tukka ini, rasa kebersamaan dan ikatan toleransi yang kuat di SMAN 2 Tukkan telihat jelas. Dimana para guru-guru dan pegawai SMAN 2 Tukka yang bukan beragama Kristen, turut hadir menyaksikan perayaan Natal SMAN 2 Tukka. (HAT)