oleh

Hebat.. Realisasi Penerimaan Pajak Samsat Pandan Selalu Lebihi Target

Tapteng, 11/12 (Batakpost.com)- Realisasi penerimaan pajak di Kantor Samsat Pandan atau sekarang yang sudah berubah nama menjadi UPTD BPPRDSU Pandan, selalu melebihi target yang dibebankan Provinsi Sumatera Utara.

Menurut Hakim selaku Kepala UPT BPPRDSU Pandan kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa, (11/12) menjelaskan, bahwa realisasi penerimaan pajak yang dikelola Samsat Pandan pada tahun 2018 telah melampaui target yang ditetapkan tahun 2018. Bahkan setiap tahunnya target yang dibebankan Provinsi selalu terpenuhi dan berlebih.

Adapun target pajak yang diebankan kepada Samsat pandan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yaitu Pajak Kendaraan bermotor (PKB) dan Balik Nama

“Target pajak kita yaitu dari PKB dan Balik Nama. Untuk realisasi tahun 2018 telah mencapai 104,38% atau sebesar Rp24,144 Miliar. Itu sudah melampaui target yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp.23,131 Miliar. Dan target 2018 lebih besar dari tahun 2017 yakni sebesar Rp.22,051 Miliar yang juga tercapai 100%,” ungkapnya.

Dirincikan Hakim, bahwa target penerimaan dari PKB sampai awal Desember 2018 sebesar Rp11,2 Miliar, sudah terlampaui dengan realisasi penerimaan saat ini mencapai Rp11,33 Miliar atau 100,63%. Sedangkan target dari BBN sebesar Rp9,7 Miliar, sementara realisasi saat ini sebesar Rp.11,1 Miliar atau 113,31%.

“Jumlah itu masih diposisi per tanggal 8 Desember, dan akan bertambah lagi karena masih ada beberapa hari lagi untuk penerimaan pajak dari wajib pajak. Kalau kita bandingkan dengan tanggal yang sama pada tahun lalu sudah dilampaui sekitar 6%,” ucapnya.

Ditanya apa penyebab meningkatnya target yang dicapai Samsat Pandan? Menurut Hakim, pencapaian tersebut atas meningkatnya kesadaran masyarakat pemilik kendaraan untuk membayar pajak. Selain itu, juga tidak lepas dari upaya pihaknya melakukan pembenahan pelayanan.

“Tempat pelayanannya sudah lebih dekat kepada masyarakat. Untuk wilayah Manduamas sudah ada gerai di Barus. Kemudian di Sorkam dan juga Pinangsori. Jadi sudah lebih dekat untuk bayar pajak, tidak jauh jauh lagi,” jawabnya.

Diakui Hakim dengan rajinnya mengirimkan surat kepada para pemilik kendaraan untuk memberitahukan bahwa pajak mereka akan berakhir, turut mendongkrak kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

“Untuk membayar pajak di kantor kita ini paling lama lima menit menunggu, karena semuanya sudah tersedia dan tidak perlu menunggu lama. Kami juga tetap menghimbau masyarakat agar jangan sampai lupa untuk membayar pajak, dan memanfaatkan program pemutihan pajak yang dilakukan pemerintah Provinsi Sumatera Utara,”ajak Hakim.

Guna untuk terus memacu kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, UPT BPPRDSU Pandan masih terus merancang kegiatan yang sifatnya saling menguntungkan. (HAT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed