Kapal Gerbang Samudra l Terbakar, 145 Penumpang Dievakuasi

oleh
Kapal yang terbakar. (Ist)

Banjarmasin, 2/11 (Batakpost.com)- Kapal Roro KM Gerbang Samudra I yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tujuan Pelabuhan Bandarmasih Banjarmasin terbakar, Minggu (2/12) dinihari.

Kapal terbakar sekitar 5 jam setelah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sumber dari Basarnas Banjarmasin menyebutkan, kapal mulai terbakar sekitar atau dengan posisi di Perairan Karang Jamuang atau dengan koordinat D. Koordinat TKK*- 06° 35′ S 112° 54′ E. Saat kejadian Kondisi Cuaca sangat cerah.

Humas Basarnas Banjarmasin, Iman melalui grup WhatsApp Basarnas menyebutkan Jumlah penumpang KM Gerbang Samudra I 148 orang termasuk ABK dan penumpang (145 orang dievakuasi KM Kumala, 3 orang dalam pencarian)

Kronologi kejadian, KM Gerbang Samudra I terbakar di perairan laut sekitar Pulau Karang Jamuang. Para ABK dan penumpangnya dievakuasi oleh KM Kumala ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Daftar Penumpang

KM Gerbang Samudra I terbakar, Minggu (2/12/2018) dinihari sekitar pukul 02.00 waktu setempat.

Jumlah penumpang atau manifest KM Gerbang Samudra I yang terbakar itu diketahui sebanyak 148 jiwa.

Sampai saat ini penumpang atau manifest dievakuasi menggunakan KM Kumala menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Humas Basarnas Banjarmasin Iman melalui grup Whatsapp Basarnas menyebutkan, saat ini KM Gerbang Samudra I yang terbakar dalam kondisi larut atau hanyut ke arah Utara Pulau Madura.

Evakuasi para korban oleh KM Kumala berlangsung pukul 02:00 – 03:00 sekitar 145 jiwa. Rinciannya:

– Dewasa 81 jiwa

– Anak 5 jiwa

– Bayi 2 jiwa

– Sopir 26 jiwa

– ABK 31 jiwa

– Nakhoda dan 1 kadet tidak termasuk dalam daftar evakuasi.

Saat ini pihak terkait meminta pendataan seluruh korban dan selanjutnya KM Kumala melanjutkan perjalanan menuju Surabaya, rencana sandar Surabaya pukul 07:00 WIB.

Kronologi Kapal Terbakar

KM Gerbang Samudra I tujuan Surabaya – Banjarmasin terbakar di perairan laut sekitar pulau Karang Jamuang Kabupaten Bangkalan Jatim, Minggu (2/13) sekitar pukul 02.15 WIB.

Kabar ini dikirim Humas Basarnas Surabaya dan dibenarkan Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono.

Dari rilis Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, didapat kronologi lengkap KM Gerbang Samudra I yang terbakar dan berhasil didapat reporter banjarmasinpost.co.id.

– Pada Jam 01:40 Wib Kepanduan Karang jamuang Panggil-2 Gerbang Samudra 1 di Ch. 16 dan dijawab oleh Poleng Marine Terminal (Bp. Santo) bahwa GS 1 terbakar pada Posisi 06′ 35.975 S / 112′ 54.389 E pada saat proses evakuasi penyelamatan jiwa dilaut, dilakukan Crewboat Pan Marine XI.

– Pada Jam 01:45 Wib VTS Surabaya Menyampaikan berita diatas, dan minta tolong intuk disampaikan pada pihak terkait di Surabaya.

– Pada Jam 02:00 Wib Pan Marine XI menyampaikan Jumlah Passanger (+/- 100 orang termasuk ABK) masih proses evakuasi korban dan masih kurang 6 0rang yang jatuh dilaut.

– Pada Jam 02:05 Wib Kumala Minta tolong mendekat ke posisi untuk evakuasi / transfer korban dari Pan Marine ke Kumala untuk dibawa ke Surabaya.

– Pada Jam 02:10 Wib Monitor Ch. 16 Pan Marine menemukan 3 orang terapung dilaut.

– Pada Jam 02:15 Wib KRI 386 Menyampaikan bahwa KM Gerbang Samudra hanyut kearah barat dan masih terbakar .

– Pada Jam 02:25 Wib Monitor Ch. 16 Pencarian korban msh kurang 3 orang (Captain dan 2 orang Kadet Cewek).

– Pada Jam 02:40 Wib Kumala mulai proses transfer korban dari Pan Marine XI.

– Pada Jam 03:00 Wib Proses Transfer korban ke Kumala telah selesai dan Kumala melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

– Pada Jam 03:05 Wib Pan Marine XI masih melanjutkan pencarian korban (3 Orang belum ditemukan).

– Pada Jam 08.33 Wib KM KUMALA telah sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan selanjutnya dilakukan langkah penanganan terhadap semua penumpang.

Teriakan Penumpang dan Api

Detik-detik kapal KM Gerbang Samudra I yang terbakar ternyata sempat terekam video, Minggu (2/12).

Pada rekaman video berdurasi sekitar 26 detik, tampak api berkobar di badan KM Gerbang Samudra I. Teriakan terdengar, diduga dari penumpang yang tengah dievakuasi.

Suara petugas yang melakukan pertolongan di kapal KM Gerbang Samudra I yang terbakar pun terdengar jelas tengah berkoordinasi dan mereka terjadinya musibah.

Suasana gelap karena saat itu masih dinihari tampak membuat api yang berkobar terlihat ‘nyarak’, sinarnya hingga tampak memantul pada permukaan air.

Video itu dibenarkan, Kebakaran KM Gerbang Samudra I Tujuan Surabaya – Banjarmasin di perairan laut sekitar pulau Karang Jamuang Kabupaten Bangkalan Jatim, Minggu (2/13) sekitar pukul 02.15 WIB.

Kabar ini dikirim Humas Basarnas Surabaya dan dibenarkan Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono.

“Semua penumpang di evakuasi oleh KM Kumala tujuan Banjarmasin – Surabaya. Sebanyak 148 orang ABK dan penumpang (145 orang dievakuasi KM Kumala, 3 orang dalam pencarian). Rincian penumpang sbb Dewasa : 81 orang, Anak : 5 orang, Bayi : 2 orang, Sopir : 26 orang dan Abk : 31 orang,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/jumadi/ nia kurniawan)