oleh

Yang Mana Penyakit Anda?

Sibolga, 30/11 (Batakpost.com)- Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga Firman Hulu menjelaskan beberapa jenis-jenis penyakit yang diderita oleh masyarakat Sibolga saat ini.

Diurutan pertama adalah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Penyakit ini cukup dominan dirasakan masyarakat Sibolga. Dari data yang diperoleh Dinas Kesehatan dari 4 Kecamatan di Sibolga, sebanyak 11.228 penderita ISPA terhitung bulan September 2018, bebernya kepada wartawan diacara temu pers Pemko Sibolga dengan insan pers di aula Nusantara Pemko Sibolga, Jumat (30/11).

Selain penyakit ISPA, adalah penyakit hipertensi. Hal itu disebabkan pola makanan yang berlebih mengingat kuliner masakan di Kota Sibolga cukup menggiurkan sehingga memiliki efek kepada kesehatan jika tidak terkontrol.

Diurutan berikutnya adalah penyakit Jantung. Penyakit jantung ini bisa saja diakibatkan gaya hidup masyarakat, khususnya dalam menikmati makanan. Pun demikian dengan menjaga pola makan dan olahraga yang cukup masih bisa untuk mengatasi penyakit tersebut.

Sedangkan untuk penyakit HIV tidak ada peningkatan, dan masih tetap pada angka tahun 2017 lalu.

Ditanya apakah ada kasus Stunting dan Imunisasi yang menjadi perhatian di Kota Sibolga? Menurut Firman sampai saat ini tidak ada. Dan Dinas Kesehatan Sibolga siap mendukung program pemerintah untuk menanggulangi penyakit Sunting dan termasuk penyakit TB Paru. Dimana tahun 2030 sudah ditargetkan pemerintah Indonesia bebas dari TB Paru, sebut Firman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed