BI Lakukan Langkah Ini Untuk Mendukung Pariwisata Danau Toba

oleh
Keindahan Danau Toba yang layak untuk dikunjungi. (batakpost.com/HAT)

Parapat, 27/11 (Batakpost.com)- Bank Indonesia memiliki peran penting dalam pengembangan Pariwisata Danau Toba. Salah satu langkah dan tujuan pengembangan wisata yang dilakukan oleh Bank Indonesia yakni dalam bidang pengembangan ekonomi masyarakat. Untuk itulah BI terus melakukan pembinaan dan pengembangan ekonomi di kawasan Danau Toba.

Pertanyaannya adalah, kenapa BI melakukan pengembangan ekonomi di Danau Toba dan apa saja ruang lingkupnya?

Menurut Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara Demina R Sitepu baru-baru ini di Parapat menjelaskan, Bahwa BI memiliki tugas dan program pengembangan dan peningkatan ekonomi daerah melalui pengendalian inflasi. Sasarannya adalah stabil harga pangan.

Untuk itulah BI telah mengembangkan klaster ketahan pangan dengan tujuan pengendalian inflasi yang mengarah kepada ketahanan pangan di Sumut. Ketahanan pangan yang dimaksud mencakup cabai merah, bawang merah, padi, pemberdayaan ekonomi pesantren, mesin pengolah air minum dan mesin roti.

“Sesuai pertanyaan tadi kenapa pengembangan pariwisata ke Toba? Karena Danau Toba salah satu danau dan objek wisata yang layak untuk dijual. Hanya saja perlu dibuat ketentuan dan pengembangan seperti atraksi yang bisa menarik orang datang ke Danau Toba. Atraksi yang dimaksud adalah, atraksi kearifan lokal yang bisa mengajak orang untuk datang melihatnya. Selain itu adanya Desa Wisata seperti lokasi penanaman padi, bawang atau aktivitas lainnya yang juga dapat menarik wisatawan. Karena selera wisatan itu cukup beragam, dan harus disediakan,”ujarnya.

Selain itu juga lanjutnya, adanya artikel menarik tentang Danau Toba sehingga menarik orang lain. Artinya dengan adanya tulisan artikel tersebut wisatawan merasa tertantang untuk datang ke Danau Toba.

“Untuk mewujudkan hal itu diharapkan dukungan dari masyarakat, para tokoh, Pemda dan DPRD serta infrastuktur. Saya yakin dengan kerjasama ini maka Danau Tiba adalah Bali Baru di Indonesia ini,”ujar  Demina. (HAT)