Dinkes Tapteng Laksanakan Pertemuan Lintas Sektor Terkait Pemanfaatan Dana Desa

oleh
Pertemuan Lintas Sektor Terkait Pemanfaatan Dana Desa oleh Dinkes Tapteng. (batakpost.com/REL)

Pandan, 7/11 (Batakpost.com)-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah Nursyam SKM MKes diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Winda Darpiannur, M.Kep Ns Sp Kep An, membuka Pertemuan Lintas Sektor Program dan Lintas Sektor Terkait Pemanfaatan Dana Desa untuk Bidang Kesehatan di Kab. Tapteng bertempat di Tuktuk Room Hotel Pia Pandan, Rabu (7/11).

Dalam sambutannya kadis kesehatan menyebutkan merujuk pada Peraturan Menteri (Permen) Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 19 tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018, dan untuk mensinkronisasi Program Prioritas Kementerian Kesehatan terhadap alokasi Dana Desa diharapkan setiap desa dapat meningkat penganggaran desa untuk Pos Kesehatan sehingga dapat semakin meningkatkan masyarakat desa yang sehat.

Selanjutnya, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kab. Tapteng memaparkan review prioritas masalah kesehatan yang dapat diintervensi melalui Dana Desa.

“Semoga dengan pertemuan ini terjalin komunikasi dan koordinasi, serta sinkronisasi kegiatan dalam pemanfaatan dana desa antara Pemerintah Pusat dan Daerah Provinsi, Kabupaten, dan lintas program/sektor. Disamping itu, diperolehnya kesepakatan dalam hal pemanfaatan dana desa untuk kegiatan UKBM,” ujarnya.

Adapun Narasumber lainnya pada pertemuan itu, yaitu, Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat dan Pembangunan Sarana dan Prasatana Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kab. Tapteng Hendri Sitinjak STP, Funsional PKM, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Mega Karyati SKM MKes.

Pertemuan ini turut dihadiri oleh mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu), jajaran Dinkes Kab. Tapteng, mewakili Kadis PMD Kab. Tapteng, Camat Sarudik, Camat Pandan, Camat Pinangsori, Pimpinan Puskesmas, para Bidan Desa di Kecamatan Sarudik Pandan dan Pinangsori, para Kepala Desa dan Pendamping Desa di Kecamatan Sarudik, Pandan dan Sarudik. (RED)