Wakil Bupati Tapteng Sampaikan Hal Ini Dihadapan Para Pendeta

oleh
Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul saat diulosi dalam acara pembukaan Rakerda PGI Wilayah Sumut di Tapteng 2018. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 27/10 (Batakpost.com)- Kabupaten Tapanuli Tengah dipercaya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pesekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah Sumatera Utara, mulai tanggal 26-28 Oktober di Gereja GKPI Pandan.

Pembukaan Rakerda tahunan ini dipimpin oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul bersama dengan Sekretaris Umum PGI Wilayah Sumut, Pedeta Hotman Hutasoit beserta para undangan.

Menurut Sekum PGI Wilayah Sumut, bahwa PGI telah berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah yang dapat mensukseskan program pemerintah. Selain itu juga PGI tidak pernah absen terhadap pergumulan bangsa. Untuk itulah dalam rapat-rapat kerja yang dilaksanakan PGI selalu membahas perkembangan terkini yang menyangkut pelayanan dan juga keberadaan pemerintah.

“Kita harapkan lewat Rakerda ini dapat diambil nanti putusan-putusan strategis baik secara nasional, regional dan juga lokal,”kata Hotman Hutasoit, Sabtu.

Sementara itu Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul dalam sambutanya meminta agar PGI terus terlibat dalam memperkuat keutuhan bangsa melalui siraman firman yang disampaikan kepada jemaat gereja. Apalagi saat ini penyebaran berita bohong dan fitnah terus berkembang.

“Peran serta para pendeta sangat penting untuk menjadi motivator kepada jemaat supaya tidak mudah terhasut oleh berita bohong yang mengancam persatuan dan kesatauan bangsa serta umat. Selain itu juga menjaga keluarga dan anak-anak untuk tidak mudah terbawa arus akan nilai-nilai hedonisme dan kebebasan,”ujarnya.

Disebutkan Darwin, perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini telah mampu menggeser nilai-nilai agama dan budaya, dan mengejar kebebasan hedonisme, pesta dan pergaulan bebas. Sikap dan perilaku bebas seperti itu tidak bisa dibiarkan.

Rapat Kerja Daerah PGI Wilayah Sumut ini merupakan rangkuman kegiatan bersama dengan organisasi gereja dibawah nauangan PGI Wilayah seperti PGI-D/BKAG/BMAG/BKUK.

Adapun yang menjadi tema Rankerda tahun ini adalah, Tuhan Mengangkat Kita dari Samudera Raya (bnd. Mazmur. 71: 20b) dan sub tema, Dalam Solidaritas dengan Sesama Anak Bangsa , Kita Tetap Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila, Guna Menanggulangi Kemiskinan, Ketidakadilan, Radikalisme dan Kerusakan Lingkungan.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini Ketua KNPI Tapanuli Tengah, Rahmansyah Sibarani, Mewakili Korem 023 KS, Mewakili Ketua DPRD Tapteng, Wakil Sekum Pdt. Bima Gustav Saragih S. Th, Ketua BKAG Tapteng Pst. Posma P. Manalu, Pr Mewakili Korem 023 KS Kasiter Korem 023 KS Mayor Kav. Setia Budi Nainggolan, Mewakili Danlanal Mayor. A Tanjung, Para Pendeta PGI-D se Wilayah Sumut. (HAT)