Mari Manfaatkan Periksa Kanker Serviks Gratis

oleh
Pemeriksaan Kanker Serviks gratis. (batakpost.com/RED)

Sibolga, 25/10 (Batakpost.com)- BPJS Kesehatan Cabang Sibolga mengajak seluruh masyarakat Sibolga-Tapteng yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS khususnya bagi kaum perempuan, untuk memanfaatkan pemeriksaan Kanker Serviks gratis.

Demikian ajakan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sibolga Rudhy Suksmawan Hardhiko dalam sebuah acara bersama dengan awak media di kantor BPJS Sibolga baru-baru ini.

Menurutnya kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena sangat banyak manfaatnya. “Kami dari BPJS Kesehatan Sibolga sudah menjalin kerjasama dengan Laboratorium Prodia Sibolga untuk memberikan pemeriksaan gratis Kanker Serviks setiap saat. Hal ini sangat berguna dan bermanfaat, agar dapat mengetahui dan mencegah jikalau memang ada tanda-tanda mengarah kepada Kanker Serviks,”sebut Rudhy.

Adapun persyaratan yang dilengkapi untuk mendapatkan pelayanan gratis ini cukup gampang, yaitu membawa kartu JKN-KIS dan KTP satu lembar dan fotocopy.

“Cukup mudah syaratnya tinggal kemauan saja dan membawa kartu JKN-KIS nya saja, dan langsung datang ke Prodia. Sekali lagi semuanya gratis tidak ada pungutan biaya,”tegasnya.

Berikut persyaratan Program Papsmear yang harus dipatuhi:

  1. Wanita yang sudah menikan
  2. Membawa kartu JKN-KIS dan KTP
  3. Tidak sedang hamil atau haid
  4. Tidak melakukan hubungan seksual 1×24 jam
  5. Tidak membasuh alat kelamin dengan sabun atau pembersih sebelum pemeriksaan.

Selain pemeriksaan di Laboratorium Prodia, BPJS juga melakukan pemeriksaan di Puskesmas-puskesmas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kalau di Prodia setiap saat. (RED)