Ujian CPNS 2018 Bisa Ditonton Keluarga

oleh
Victor Saing dari BKN Regional VI Medan, Sumatera Utara saat memberikan penjelasan kepada para pelamar CPNS Pemkab Tapteng 2018. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 17/10 (Batakpost.com)-Pelaksanaan ujian CPNS yang direncakan akan dilangsungkan tanggal 23 Oktober 2018 ternyata bisa ditonton masyarakat atau anggota keluarga. Karena akan disediakan layar lebar atau monitor di luar ruang ujian, sehingga siapa saja bisa melihat hasil ujian yang diisi oleh pelamar yang lagi ujian di dalam ruangan.

Demikian penjelasan Victor Saing dari BKN Regional VI Medan Sumatera Utara sewaktu melakukan simulasi ujian CPNS Pemkab Tapteng baru-baru di SMAN 1 Matauli Pandan.

Menurut Victor, adanya layar atau monitor yang dapat disaksikan pihak keluarga sebagai bukti transparansi pelaksanaan ujian CPNS yang menggunakan sistim CAT.

“Jadi ini nanti mirip seperti nonton bola, karena anggota keluarga dapat melihat hasil ujian peserta dan soal mana saja yang belum diisi. Semuanya akan terlihat di layar yang disaksikan oleh keluarga atau masyarakat. Jadi sistim ujiannya benar-benar transparan dan hasilnya sesuai dengan kemampuan peserta,”terangnya.

Disebutkannya, bahwa sistim ujian menggunakan  Computer Assisted Test (CAT) peringkat 5 terbaik dunia. Untuk itulah ia berpesan agar peserta benar-benar mempersiapkan diri serta tidak percaya dengan upaya dan cara-cara yang katanya bisa dipermaikan sistim CAT.

“Jangankan untuk dipermainkan, untuk melihat teman yang di sebelah saja tidak sempat karena harus berpacu dengan waktu. Bukan itu saja, soal setiap peserta berbeda-beda dan tidak ada soal yang sama. Makanya jangan percaya dengan ucapan teman di sebelah, karena soalnya sudah pasti berbeda. Percayalah dengan kemampuan anda sendiri dan berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa,”katanya.

Ia juga memberikan beberapa tips untuk mengisi ujian CPNS. Diantaranya, harus mengisi semua soal dan jangan ada yang tertinggal, karena tidak ada pemotongan nilai kalau jawaban salah. Justru soal yang tidak dijawab tidak memiliki nilai. Selanjutnya membaca soal dengan teliti dan maksudnya.

“Karena bisa saja soal tersebut menjebak antara pertanyaan dan tujuannya. Dan jika kurang yakin dengan jawaban jangan langsung diisi dulu atau dipilih jawabannya, bisa dicoret dulu di kertas, karena begitu jawaban sudah diisi maka jawaban sudah terkunci dan tidak memiliki waktu lagi untuk mengganti jika menurut anda jawaban itu salah. Dan terakhir perbanyaklah latihan dengan mejawab soal-soal ujian CPNS baik itu melalui internet atau dengan membeli soal-soal CPNS,”sarannya. (HAT)