Sumbang Pembangunan Sopo Ina dan Lokasi Parkir Gereja

oleh
Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama dengan Pendeta Resor HKBP Sibolga Kota saat meniup lilin HUT ke 61 HKBP Sibolga Kota. (batakpost.com/HAT)

Sibolga, 15/10 (Batakpost.com)-Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menghadiri acara HUT ke 61 HKBP Sibolga Kota, Ressort Sibolga II, Sibolga kemarin Minggu, (14/10).

Walikota Sibolga didampingi Wakilnya Edy Polo Sitanggan bersama dengan Sekda Yusuf Batubara dan sejumlah Kepala OPD Pemko Sibolga terlibat langsung dalam penggalangan dana pembangunan Sopo Ina yang berbiaya Rp 1 miliar.

Pada kesempatan itu Walikota menyumbang Rp10juta atas nama pribadinya dan sumbangan isterinya Delmeria Sikumbang Caleg DPR-RI Partai Nasdem nomor urut 3 Rp10juta, ditambah dengan lelang konsinasi yang dipimpin langsung oleh Walikota Sibolga.

Informasi yang diperoleh dari panitia pesta HKBP Kota, Tigor Panuturi Tambunan menyebutkan, respon dan dukungan dari Walikota Sibolga atas rehap gedung Ina milik HKBP Sibolga Kota sangat diapresiasi jemaat. Jemaat sangat berterimakasih atas kehadiran dan kepedulian Walikota Sibolga akan kerukunan umat beragama serta memperhatikan pembangunan rumah-rumah ibada yang ada di Sibolga.

“Kami atas nama jemaat HKBP Sibolga Kota dan juga atas nama panitia, mengucapkan terimakasih kepada Walikota Sibolga serta para undangan dan pimpinan OPD yang sudah turut menyumbang melalui acara lelang yang sudah terselenggara dengan. Doa kami kiranya berkat dari Tuhan semakin melimpah atas mereka,”sebut Tigor, Senin (15/10) di Sibolga.

Selain bantuan dari Walikota Sibolga, Bupati Tapteng juga turut membantu sebesar Rp10juta yang disampaikan oleh Walikota Sibolga dalam bentuk lelang makanan ditambah bantuan lelang dari Wakil Walikota Sibolga Edy Polo Sitanggang dan juga para donatur.

Dari hasil lelang konsinasi Walikota Sibolga bersama dengan OPD nya dan lelang dari Bupati Tapteng terkumpul dana sebesar Rp70 juta. Sedangkan Rp 180 juta akan berikan melalui APBD Kota Sibolga ditambah dengan pembangunan tempat parkir di depan gereja.

Maka besaran dana yang terkumpul dari lelang Walikota ditamah dengan anggaran yang akan ditampung di APBD Pemko Sibolga keseluruhannya Rp 250juta.

Walikota berharap agar dana yang diberikan dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk merehap gedung Ina yang kondisinya kurang layak digunakan. Demikian juga dengan pembangunan tempat parkir gereja yang berada di atas parit gereja, agar benar-benar dimanfaatkan menjadi tempat parkir bukan menjadi tempat jualan.

“Saya sering berkunjung ke gereja HKBP Sibolga Kota ini, termasuk ketika kondisi gereja sebelum semegah ini. Dan saya memberikan perhatian atas pembangunan gereja ini termasuk usul rehap pembangunan gedung Ina,”sebut Syarfi dalam sambutannya.

Dengan direhapnya gedung tersebut lanjut Syarfi, maka masyarakat yang memanfaatkan gedung (Sopo Ina) untuk kegiatan pesta tidak kewalahan lagi.

“Saya pernah mengikuti acara pesta di Sopo Ina HKBP ini, kondisinya sangat memprihatinkan. Lantainya sudah rusak, cat dindingnya sudah pudar dan kusam, belum lagi kondisi bangunan yang sudah tua. Makanya saya usulkan agar direhap gedung tersebut supaya dapat dimanfaatkan dengan baik, dan masyarakat yang memanfaatkan gedung itu juga merasa nyaman dan aman. Bagi saya sebagai Walikota Sibolga akan memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan umat dan masyarakat. Masjid kita bangun, gereja juga kita bangun. Rumah ibadah ini harus sama-sama indah dan cantik,”tutup Syarfi. (HAT)