Ini Dia Daerah Pelamar CPNS Yang Paling Sedikit Peminatnya di Sumut

oleh
Kepala Regional BKN Medan Sumutara Utara, Englhis Nainggolan. (batakpost.com/HAT)

Tapteng, 14/10 (Batakpost.com)- Sejak dibukanya pendaftaran CPNS di 32 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, para pelamar langsung menyerbu daerah-daerah yang formasi ilmu pendidikannya dibutuhkan. Akan tetapi sampai menjelang penutupan pendaftaran CPNS esok, tanggal 15 Oktober 2018, masih ada daerah yang cukup sedikit peminatnya.

Kepala Regional BKN Medan, English Nainggolan kepada batakpost.com menjelaskan, daerah yang paling sedikit peminatnya adalah Gunungsitoli. Dari 58 formasi CPNS yang diterima jumlah pelamar sampai dengan hari Sabtu pagi, (13/10) masih diangka 200-an.

“Jadi kepada para pelamar yang ingin mencoba keberuntungan boleh memanfaatkan sisa waktu untuk melamar ke Gunungsitoli, karena formasi yang diterima 58 orang dengan berbagai jurusan, sementara yang mendaftar masih kisaran 200-an. Artinya jumlah pembanding saingan sangat kecil,”ujarnya.

Sedangkan daerah yang paling banyak pelamarnya sebut Nainggolan adalah Deli Serdang. Dari 750 formasi yang diterima dari berbagai ilmu pendidikan, yang melamar sampai pada hari Sabtu pagi (13/10) sebanyak 13.948. Jumlah itu mengalahkan pelamar untuk Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk Provinsi Sumatera Utara formasi yang dibuka sebanyak 1.242 orang, sementara jumlah pelamar masih kisaran 9.516. Sedikitnya jumlah pelamar untuk Provinsi Sumatera Utara bisa saja akibat formasi jurusan yang terbatas. Pasalnya yang dibutuhkan untuk Provinsi Sumut rata-rata guru SMA sederajat yang dibutuhkan, karena sekolah SMA sederajat sudah menjadi naungan Provinsi Sumatera Utara,”jelasnya seraya menambahkan pelaksanaan ujian CPNS tahun 2018 akan dilaksanakan sertentak tanggal 23 Oktober 2018. (HAT)