oleh

500 Pelamar CPNS Tapteng Ikuti Simulasi

Tapteng, 13/10 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mendapat apresiasi dari BKN Regional VI Medan Sumatera Utara, dan juga dari peserta pelamar CPNS yang mengkuti ujian simulasi hari ini di Pandan, Sabtu (13/10).

Apresiasi itu disampaikan karena perjuangan dan terobosan Bupati memperjuangkan ke BKN agar diberikan kesempatan kepada Pemkab Tapteng melakukan simulasi yang biasanya ditanggung oleh Pemerintah Tapteng.

Usulan itupun mendapat restu dari BKN Pusat dan hari ini sebanyak 500 orang pelamar Tapteng ujian simulasi yang dihadiri langsung Kepal Regional BKN Medan, English Nainggolan bersama dengan timnya.

“Ini sebagai bentuk perhatian dan perjuangan dari pak Bupati Tapteng agar pelamar CPNS khususnya warga Tapteng memiliki kesempatan mengasa kemampuan serta mengenal sistem CAT yang akan digunakan saat ujian nanti,”kata Darwin Sitompul Wakil Bupati Tapteng yang membuka aca simulasi.

“Walaupun pada dasarnya simulasi ini dikhususnya untuk masyarakat pelamar dari Tapteng, namun berkat laporan dari BKD Tapteng ada juga dari luar Tapanuli Tengah yang ikut simulasi. Kami berharap dan berdoa agar yang lulus dalam ujian nanti 90 persen masyarakat Tapanuli Tengah. Ini bukan diskriminasi tapi harapan, karena kami yakin bahwa putra putri tebaik Tapteng ini mampu untuk bersaing,”sebut Darwin yang disambut tepuk tangan para peserta simulasi.

Kepala Regional BKN Sumut yang turut hadir dalam kegiatan itu menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Tapteng yang telah berjuang agar dapat dilaksanakan simulasi ini.

“Ini perhatian yang cukup luar biasa, apalagi simulasi ini gratis. Karena ada daerah lain yang melaksanakan simulasi seperti ini tetapi dikomersialkan dengan membayar pendaftaran Rp 300 ribu per orang. Sementara simulasi yang dilakukan Pemkab Tapteng gratis. Bersyukurlah atas kebijakan dan perjuangan dari Bupati Tapeng,”kata English Nainggolan.

Disebutkannya,  penerimaan CPNS ini menggunakan sistem  Computer Assisted Test (CAT) berdasarkan pedoman Permen PAN no 36 tahun 2018. Dan dengan adanya simulasi seperti ini sangat membantu pelamar untuk mengenal sistim CAT ini.

“Ini merupakan gambaran soal ujian yang akan dilaksanakan nanti. Walaupun tidak persis sama, tetapi seperti itulah bayangannya dan sistim menjawabnya. Makanya bersyukurlah anda bisa menjadi peserta simulasi ini karena mendapat kesempatan untuk mengenal dan mengetahui sistim yang digunakan,”ujarnya.

Sementara itu Kepala BKD Tapteng Netty Sembiring dalam laporannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Kepala Regional BKN Sumut yang turun langsung memantau kegiatan simulasi.

“Jumlah yang mengikuti ini dibatasi hanya 500 orang, dan dilaksanakan selama satu hari,”katanya.

Pemkab Tapanuli Tengah diberikan kepercayaan oleh BKN untuk menerima formasi CPNS tahun ini sebanyak 259 orang dan yang sudah mendaftar sampai hari ini 2.559 orang. (HAT)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed