PSM IAKN Tarutung Siap Bertarung Difinal Folklor Nusantara se-Indonesia

oleh
Fesital Paduan Suara Folklor Nusatara tahun 2018. (Ist)

Tarutung, 10/10 (Batakpost.com)- Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung, satu-satunya perwakilan Paduan Suara Mahasiswa se-Sumatera yang lolos untuk mengikuti Kompetisi Paduan Suara Mahasiswa Seluruh Indonesia. Keberhasilan Pasuan Suara IAKN Tarutung ini, tidak terlepas atas prestasinya meraih berbagai penghargaan tingkat Nasional dan Internasional.

Menurut Amudi Lumbantobing, M.HUM sebagai pembina dan pelatihan Tim PSM IAKN Tarutung kepada www.batakpost.com, Rabu sore (10/10) menjelaskan, timnya sudah siap untuk bertanding. Latihan maksimal dan kesiapan mental terus diasa demi meraih sebuah prestai di kanca Nasional.

Dosen IAKN Tarutung sekaligus Pembina dan Pelatih PSM IAKN Tarutung, Amudi Lumbantobing. (facebook Amudi)

“Kita intens latihan setiap hari untuk mematangkan 6 buah lagu yang dipertandingkan. Dua lagu untuk grand final, dan 4 buah lagu lagi untuk dibawakan bersama 12 Tim PSM perguruan tinggi yg masuk grand final. Sedangkan puncak kegiatan akan dilangsungkan tanggal 28 Oktober 2018 tepatnya pada hari Sumpah Pemuda di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta,”terangnya.

Untuk itulah, Ia meminta dukungan doa dari seluruh masyarakat Sumatera khususnya Sumut dan Tapanuli Utara untuk keberhasilan mereka. Dan diharapkan juga Pemda Tapanuli Utara berkenan untuk memberangkatkan tim menuju Jakarta.

Acara Final Folklor Nusantara se-Indonesia diikuti 12 PSM se-Indonesia yang dinyatakan lolos dan layak dipertandingkan di acara final. Sebelumnya  sebanyak 56 Paduan Suara Mahasiswa  dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia ikut mendaftar. Namun ditahap seleksi hanya 12 PSM lolos final dan berhak maju pada puncak final kompetisi PSM untuk memilih tiga  pemenang merebut Piala Presiden dan Piala HIMPUNI.

Adapun ke 12 PSM yang lolos ke babak final terdiri dari PSM UGM, UI, IPB, UNDIP, ITS, UNHAS, UN Malang, UAJ Yogyakarta, UNTAR, Sanata Dharma, Telkom Univ, dan IAKN Tarutung. (HAT)